Liputan Workshop dan Sosialisasi Lomba Foto Indonesia 2014 Bangka

0
Sambutan oleh Bapak I Made Wiradikesuma mewakili Direktorat Pengembangan Seni Rupa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,

Sambutan oleh Bapak I Made Wiradikesuma mewakili Direktorat Pengembangan Seni Rupa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,

Setelah Dumai-Riau, kota yang menjadi tuan rumah workshop fotografi dan sosialisasi Lomba Foto Indonesia 2014 adalah Bangka. Kegiatan pada tanggal 17 Mei 2014 bertempat di Novella Boutique Resort ini merupakan rangkaian kegiatan Lomba dan Pameran Fotografi Indonesia 2014.

Menjadi pembicara pada acara kali ini adalah John Tefon (Juri Lomba Foto Indonesia 2014) dan Purwo Subagiyo. Peserta yang hadir merupakan rekan-rekan yang berdomisili di daerah Bangka dan Belitung setelah melalui mekanisme pendaftaran online di website fotografi Indonesia.

Dibuka oleh Bapak I Made Wiradikesuma mewakili Direktorat Pengembangan Seni Rupa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang dalam sambutannya menceritakan bagaimana sejarah awal lomba foto indonesia pada tahun 2010 hingga pada pelaksanaan di tahun 2013 mencapai lebih dari 20.000 entry foto. Pencapaian tahun ini juga diharapkan bisa melebihi penyelenggaraan tahun lalu sehingga peran fotografer khususnya di wilayah Bangka Belitung sangat diharapkan.

Purwo Subagiyo LFI2014

Purwo Subagiyo memberikan materi Travel Fotografi

Selanjutnya, Purwo Subagiyo menjadi pemateri pertama membawakan materi tentang Travel Photography. Ia menjelaskan bahwa Travel photography berhubungan dengan landscape photography, karena membicarakan lanskap adalah membicarakan tempat, untuk bisa ketempat itu tentunya dengan berpergian atau traveling.

Purwo juga berbagi sebuah kutipan menarik kepada peserta yaitu ‘Good travel photography is about the experience of a place – not just the landscape but people engaged with the landscape. “Ketika kita hunting jangan mengincar landscapenya, berinteraksilah dengan orang-orang sekitarnya, jadi tidak langsung memotret, pendekatan itu penting,” ujarnya.

Kalau ingin membuat foto yang “bagus” dan “tahan lama” dalam ingatan orang, foto harus bisa menangkap semua kualitas itu dan bisa berbicara tentang hal tersebut. Perhatikan kualitas esensinya, bukan sekadar visual. Pikirkan apa yang anda rasakan di tempat itu. Emosi apa yang menggerakan anda? Lalu berpikir bagaimana caranya agar mendapatkan kualitas semua itu dan “rasa”nya.

Sebagai penutup Purwo juga mengatakan bahwa setiap tempat punya pemandangan, karakter, dan kesan bawaannya masing-masing. Seperti halnya Bangka yang memiliki kampung nelayan, kuburan cina terbesar di Asia Tenggara, aktifitas pertambangan timah, dan masih banyak hal menarik lainnya. Ia juga berharap ada salah satu peserta workshop yang bisa menjadi finalis dalam lomba foto Indonesia kali ini.

John Tefon

John Tefon memberikan materi workshop foto Digital Imaging

John Tefon sebagai pemateri kedua membagi tips bagaimana meningkatkan kualitas gambar dalam mengikuti lomba foto. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas gambar adalah dengan Digital Imaging. Digital imaging dalam fotografi adalah pengganti proses yang dikerjakan di kamar gelap oleh para profesional era fotografi film.

Pada kesempatan tersebut John Tefon menjelaskan tentang sistem Digital Imaging, Pixel, resolusi, bit-Depth, dan perbandingan antara JPEG dan RAW. Keunggulan RAW bisa mengatur ulang white balance, exposure, contrast, shadows, highlights, saturations, sharpness hingga noise reductions.

Sebagai salah satu juri dalam Lomba Foto Indonesia 2014, John Tefon juga memberikan tips-tips kepada peserta sebelum mengirimkan karya fotonya. Pertama adalah pelajari secara seksama aturan lomba, karena banyak peserta yang terdiskualifikasi karena tidak sesuai ketentuan lomba.

Selanjutnya siapkan ide foto yang original dan unik, karena foto bagus saja tak cukup untuk menjadi juara. Fotografi berkaitan dengan kreativitas, dan ide foto memegang peranan penting. Kalau ada beberapa foto beride sama dipaparkan untuk dinilai, juri hanya mengambil satu foto saja.

Foto Bersama Peserta Workshop Foto

Foto Bersama Peserta Workshop Foto

Diakhir kegiatan diadakan sesi hunting bersama ke Teluk Parai yang langsung dibimbing oleh John Tefon dan Purwo Subagiyo. Disana para peserta workshop fotografi dan sosialisasi Lomba Foto Indonesia 2014 mengeksplorasi keindahan alam pantai Bangka dan aktifitas nelayannya.

Workshop foto berikutnya yaitu Pangkalanbun, info lengkap pendaftaran silakan berkunjung ke http://bit.ly/1mMHmar

Share.

Leave A Reply