Rencana Pengembangan Fotografi Nasional 2015-2019

1

rencana-pengembangan-fotografi-001

Fotografi di dalam pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia didefinisikan sebagai “Industri yang mendorong penggunaan kreativitas, keterampilan, dan bakat individu dalam memproduksi citra dari satu objek foto dengan menggunakan perangkat fotografi, termasuk di dalamnya media perekam cahaya, media penyimpan berkas, serta media yang menampilkan informasi untuk meningkatkan kesejahteraan dan menciptakan kesempatan kerja”.

Buku Rencana Pengembangan Fotografi Nasional 2015 – 2019 disusun oleh Tim Studi Cetak Biru Ekonomi Kreatif Indonesia. Rencana Pengembangan Fotografi Nasional 2015-2019 terdiri atas terdiri atas lima bagian:

  1. BAB 1: Menjelaskan definisi, ruang lingkup, sejarah, dan perkembangan fotografi.
  2. BAB 2: Menjelaskan ekosistem fotografi secara mendalam, peta dan ruang lingkup industri fotografi, dan model bisnis fotografi.
  3. BAB 3: Menjelaskan kontribusi fotografi kepada perekonomian Indonesia melalui uraian data Produk Domestik Bruto, ketenagakerjaan, aktivitas perusahaan, ekspor/impor, dan konsumsi rumah tangga. Bagian ini juga menjelaskan kebijakan/regulasi, struktur pasar, analisis daya saing, identifikasi potensi, dan identifikasi permasalahan fotografi
  4. BAB 4: Menjelaskan rencana pengembangan fotografi 2015-2019 berdasarkan kondisi saat ini dengan mengacu kepada arahan strategis pembangunan nasional dan pengembangan ekonomi kreatif 2015-2019.
  5. BAB 5: Bagian ini bertujuan untuk memberikan kesimpulan serta saran dalam mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia.

Target pembaca dari dokumen Rencana Pengembangan Fotografi Nasional 2015-2019 adalah quad-helix (pemerintah-bisnis-intelektual-komunitas), media, pelajar dan mahasiswa serta masyarakat umum.

  • Bagi pemerintah, dokumen ini diharapkan dapat memberikan acuan dan panduan dalam mengembangkan program dan kegiatan terkait fotografi di Indonesia.
  • Bagi bisnis, dokumen ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai potensi dan peluang pengembangan fotografi di Indonesia sehingga semakin banyak bisnis yang berinvestasi dalam pengembangan .
  • Bagi intelektual, dokumen ini diharapkan dapat menjadi inspirasi dan referensi dalam melakukan penelitian terkait fotografi.
  • Bagi komunitas, dokumen ini diharapkan memberikan inspirasi untuk terus menghasilkan karya kreatif berkualitas.
  • Bagi media, dokumen ini diharapkan dapat meningkatkan apresiasi dan literasi media mengenai fotografi sehingga media dapat semakin terlibat dalam komunikasi fotografi kepada masyarakat.
  • Bagi pelajar dan mahasiswa, dokumen ini diharapkan dapat memberikan inspirasi untuk bekerja dan berkarya di bidang fotografi .
  • Bagi masyarakat umum, dokumen ini diharapkan dapat meningkatkan apresiasi dan literasi mengenai fotografi .

Download Buku Rencana Pengembangan Fotografi Nasional 2015-2019

Share.

About Author