Rencana Aksi Jangka Menengah (RAJM) Ekonomi Kreatif Indonesia

2

rajm-cover-001 (1)

Rencana Aksi Jangka Menengah Ekonomi Kreatif Indonesia 2015-2019 terdiri atas terdiri atas tujuh bagian:

  1. BAB 1 Pendahuluan, menjelaskan latar belakang pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia serta 18 subsektor.
  2. BAB 2 Pencapaian Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2010-2014, memaparkan kontribusi ekonomi kreatif terhadap perekonomian nasional Indonesia, penguatan lembaga ekonomi kreatif, serta kuantitas dan kualitas ruang dan kota kreatif.
  3. BAB 3 Kondisi Eksternal, Potensi, dan Permasalahan Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia, mengulas lingkungan strategis global dan sosial ekonomi kreatif di dunia serta berbagai potensi dan permasalahan pengembangan ekonomi kreatif yang lebih bersifat lokal, meliputi sisi sumber daya manusia kreatif, sumber daya alam dan budaya, industri kreatif, pembiayaan, akses pasar, infrastruktur dan teknologi, serta keembagaan.
  4. BAB 4 Arahan Strategis Pembangunan Nasional merupakan bagian yang menjelaskan keterkaitan rencana aksi jangka menengah dengan arahan strategis pembangunan nasional, khususnya Arah Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019.
  5. BAB 5 Perkembangan Ekonomi Global dan Nasional Terkait Pengembangan Ekonomi Kreatif. Bagian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai pertumbuhan ekonomi dunia dan negara Indonesia serta prospek perekonomian di Indonesia pada tahun 2015 hingga 2019.
  6. BAB 6 Rencana Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2015-2019. Bagian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman visi, misi, tujuan, strategi pengembangan ekonomi kreatif di Indonesia, serta berbagai rencana yang bersifat khusus berkaitan dengan pengembangan ekosistem ekonomi kreatif.
  7. BAB 7 Penutup. Bagian ini bertujuan untuk memberikan kesimpulan serta saran dalam mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia.

Target pembaca dari dokumen RAJM Ekonomi Kreatif Indonesia 2015-2019 adalah quad-helix (pemerintah-bisnis-intelektual-komunitas), media, pelajar dan mahasiswa serta masyarakat umum.

  • Bagi pemerintah, dokumen ini diharapkan dapat memberikan acuan dan panduan dalam mengembangkan program dan kegiatan terkait ekonomi kreatif di Indonesia.
  • Bagi bisnis, dokumen ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mengenai potensi dan peluang pengembangan industri kreatif di Indonesia sehingga semakin banyak bisnis yang berinvestasi dalam pengembangan industri kreatif.
  • Bagi intelektual, dokumen ini diharapkan dapat menjadi inspirasi dan referensi dalam melakukan penelitian dan pengembangan terkait ekonomi kreatif.
  • Bagi komunitas, dokumen ini diharapkan memberikan inspirasi untuk terus menghasilkan karya kreatif berkualitas.
  • Bagi media, dokumen ini diharapkan dapat meningkatkan apresiasi dan literasi media mengenai ekonomi kreatif sehingga media dapat semakin terlibat dalam komunikasi ekonomi kreatif kepada masyarakat.
  • Bagi pelajar dan mahasiswa, dokumen ini diharapkan dapat memberikan inspirasi untuk bekerja dan berkarya di bidang ekonomi kreatif.
  • Bagi masyarakat umum, dokumen ini diharapkan dapat meningkatkan apresiasi dan literasi mengenai ekonomi kreatif.

Download Buku RAJM Ekonomi Kreatif

Share.

About Author

2 Comments

  1. Pingback: Geliat Industri Hulu Migas dan Industri Kreatif (Fotografi) - Yulianus Ladung's Blog

Leave A Reply