Bagaimanakah nasib Lomba Foto Indonesia tahun 2015?

0

piala

Lomba fotografi yang diselenggarakan dalam skala nasional dan resmi oleh sebuah kementerian tentu tak bisa berlangsung seperti lomba foto biasa.

Hal ini tentu saja menggembirakan dan membanggakan, tetapi sekaligus membuat tantangan dan memberikan pertanyaan: apakah kita bisa melangsungkan hajatan ini dalam tahun-tahun selanjutnya dengan segenap gairah dan kreatifitasnya?

Peserta dan juri akan terus berganti dari waktu ke waktu, namun lomba dan pameran foto nasional ini harus terus berlangsung karena lomba foto ini bukan hanya lomba fotografi semata tapi telah mengakar dan menyangkut banyak hal lain yaitu penggalian kemampuan-kemampuan kreatif masyrakat Indonesia bahkan dari pelosok terpencil pun serta menantang kesetaraan masyarakat daerah dan pusat di bidang seni fotografi.

Maka perjalanan Lomba dan Pameran Foto Indonesia yang telah terlaksana sejak tahun 2010 hingga tahun 2014 memperebutkan Piala Presiden RI ini setidaknya sudah cukup berhasil menjadi apa yang seharus diembannya. Melalui jumlah peserta Lomba dan Pameran Foto Indonesia bisa diketahui juga perkembangan fotografi Indonesia yang tersebar diseluruh Indonesia, baik berdasarkan jenis kelamin maupun kategori usianya.

Melihat animo yang baik dari pelaksanaan Lomba dan Pameran Foto Indonesia selama ini, secara prinsip kami panitia (Subdit Pengembangan Fotografi) berharap bisa kembali menyelenggarakan Lomba dan Pameran Foto Indonesia tahun 2015 dengan lebih baik dari tahun sebelumnya. Mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono pada pidatonya di Istana Presiden Cipanas saat penyerahan Piala Presiden tahun lalu berharap kegiatan strategis seperti Lomba Foto Indonesia bisa dilanjutkan oleh Presiden selanjutnya.

Namun bersama ini kami sampaikan kepada Sahabat Fotografi Indonesia bahwa telah terjadi perubahan nomenklatur dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjadi Kementerian Pariwisata berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 165 Tahun 2014 tentang Penataan Tugas dan Fungsi Kabinet Kerja. Hal tersebut menyebabkan program Lomba dan Pameran Foto Indonesia tahun 2015 yang telah kami rencanakan tidak bisa diselenggarakan terkait penggunaan anggaran yang berhubungan tentang tugas dan fungsi pengembangan ekonomi kreatif karena saat ini telah dialihkan kepada Badan Ekonomi Kreatif.

Lantas bagaimanakah nasib Lomba dan Pameran Foto Indonesia tahun 2015?

Mari kita bersama berharap agar pemerintah khususnya Badan Ekonomi Kreatif, atau Kementerian lainnya masih mau melanjutkan program ini demi kemajuan fotografi Indonesia.

 

— — — — — — — — —

Perkembangan Lomba Foto Indonesia

Tahun 2010
Lomba dan Pameran Foto Pembangunan Indonesia
Tema: Karya Pembangunan Bangsaku
Penyelenggara: Departemen Kebudayaan dan Pariwisata

Tahun 2011
Lomba dan Pameran Foto Kebudayaan Indonesia
Tema: Wonderful Indonesia
Penyelenggara: Departemen Kebudayaan dan Pariwisata

Tahun 2012
Lomba dan Pameran Foto Indonesia
Tema: Cinta Indonesia, Dari Mata Ke Hati
Penyelenggara: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Tahun 2013
Lomba dan Pameran Foto Indonesia
Tema: Indonesia di Hatiku
Penyelenggara: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Tahun 2014
Lomba dan Pameran Foto Indonesia
Tema: Indonesia Bersatu Dalam Keberagaman
Penyelenggara: Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Share.

About Author

Leave A Reply