Pendaftaran anggota baru Angkatan 3 Komunitas Sekolah Malam

0

Pendaftaran anggota baru Angkatan 3 Komunitas Sekolah Malam telah dibuka!
Mari silahkan kepada rekan rekan yang berkeinginan untuk belajar fotografi jurnalistik bisa bergabung.
Caranya adalah:
1. Join grup fb Komunitas Sekolah Malam ini.
2. Kirim data kamu berisi: Nama, Tempat dan Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Pekerjaan, Kampus, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang diikuti, ID Facebook, E-mail. Kegiatan fotografi yang pernah kamu ikuti (mis: pameran, workshop, pelatihan dll) selengkap mungkin.
3. Kirim 3 foto asli bikinan kamu sendiri yang bertema jurnalistik
4. Kirim semua data dan foto kamu diatas ke sekolahmalamyogyakarta@yahoo.com yang di cc ke ayay_oke@yahoo.com

Pendaftaraan ditutup pada Rabu 11 Februari 2015 pukul 24.00 WIB
Pengumuman rekan rekan yang diterima pada Senin 16 Februari 2015 di FB grup Komunitas Sekolah Malam ini.

Program-program kegiatan dari Angkatan 3 ini akan berlangsung kurang lebih selama satu tahun dan tidak dipungut biaya (kecuali untuk beberapa kegiatan tertentu yang memang membutuhkan biaya, mis: pameran foto). Untuk detail program akan disampaikan nanti. Dalam proses rekrutmen ini Admin mempunyai hak penuh untuk menerima atau menolak keikutsertaan rekan rekan dalam kegiatan ini. Pada dasarnya kami terbuka dan tidak membatasi rekan rekan yang ingin bergabung karena komunitas ini dibentuk juga bertujuan sebagai ajang silaturahmi. Segala keputusan yang diambil dalam proses perekrutan ini telah melewati berbagai macam pertimbangan.

Sekilas Komunitas Fotografi Sekolah Malam Bermula dari kegiatan kumpul kumpul belajar foto jurnalistik di kediaman Bpk Edial Rusli, pada tahun 2009 maka dibentuk Komunitas Sebelah Mata dengan komposisi anggota ex Komunitas Lubang Jarum Jogja. Pada tahun 2010, Komunitas Sebelah Mata menggelar pameran perdana bertajuk ‘Kelangan Alon-alon’ di Galeri Bentara Budaya Yogyakarta.

Komunitas Sebelah Mata (KSM) kemudian berevolusi menjadi Komunitas Sekolah Malam (KSM) pada tahun 2011. Embel embel kata ‘Sekolah’ mengacu kepada pengaplikasian kurikulum belajar secara lebih ‘serius’ namun dengan rasa komunitas yang berjiwa kekeluargaan didalam nadi perjalanan organisasi yang cair ini. Kata ‘Malam’? ya, merujuk waktu kumpul hehehe.. dan dalam proses belajarnya tidak dipungut biaya alias gratis or percuma (bhs malaysia)

Komunitas belajar fotografi ini mengaplikasikan kurikulum belajar fotografi jurnalistik yang diharapkan mampu memberikan pengetahuan secara teknis foto kepada ‘siswa’ -nya. Namun output yang diharapkan tentu bukan melulu di ranah jurnalistik. Transfer pengetahuan fotografi secara luas diberikan guna menambah daya kreasi visual dan juga cabang-cabang pengetahuan mengenai fotografi kepada ‘siswa’ nya. Diharapkan pengetahuan yang diperoleh ‘siswa’ dari Komunitas Sekolah Malam ini mampu memberikan kemanfaatan di kemudian hari.

Angkatan 1 dari Komunitas ini mulai aktif pada tahun 2011 dan pada tahun 2012 menggelar pameran fotografi Satu Titik Satu, sebagai pameran perdana komunitas ini, di Galeri Biasa Yogyakarta Angkatan 2 mulai aktif pada tahun 2013 dan diakhir tahun 2013 menggelar pameran perdana bertajuk 2.1 Hard Work Hard di Galeri Biasa Yogyakarta dan pameran 2.2 di Visual Potrait Gallery di Purwokerto (2014). Di penghujung 2014, Komunitas Fotografi Sekolah Malam menggelar pameran hasil workshop Personal Project 01 di Beranda KPY. Komunitas ini diasuh oleh Bpk. Edial Rusli dengan ‘Kepala Sekolah’ Haryo Gaban dan bermarkas di Jl. Gowongan Kidul 29 Yogyakarta. Email: sekolahmalamyogyakarta@yahoo.com

Info selengkapnya

 

10945800_10205220811631426_4982772577795732414_o

Share.

About Author

Leave A Reply