Workshop Fotografi Vertikal

1

POSTER-Foto-Vertikal_BH_21_1

“ MEMBACA TEBING MERABA NYALI “

Berbicara vertikal tidak selalu berhubungan dengan gedung-gedung pencakar langit yang menjulang tinggi, tetapi lebih kepada tebing-tebing terjal yang biasa dihadapi oleh para pemanjat. Kali ini fotolisis mengadakan sebuah workshop dengan tema Fotografi Vertikal, tidak banyak di indonesia yang mengkhususkan diri terhadap genre fotografi vertikal karena memang tingkat kesulitannya lebih tinggi.

fotovertikal-workshop-gnbatu-2014-5

Pada workshop ini dibedah tentang apa saja yang menjadi kendala tentang genre fotografi ini, bergandengan dengan klub pencinta alam Blue Hikers (Fakultas Ilmu Budaya,UNPAD ) akhirnya dapat terselenggara workshop ini.  Bertempat di daerah Gunung Batu Lembang sebagai area pemanjatan (20/4/2014).

Sebelumnya para peserta diberikan pembekalan seputar teori pemanjatan tebing terlebih dahulu seperti, teori keselamatan, pengenalan alat pemanjatan, teknis pemanjatan dan pengetahuan lainnya yang berhubungan dengan kegiatan panjat tebing oleh Sutan dari Blue Hikers. Sedangkan untuk pengetahuan fotografi diberikan oleh Deni Sugandi dari Fotolisis.

Pada kegiatan workshop kali ini para peserta diarahkan langsung kepada praktek, tegakan batu andesit setinggi 30 meter seakan menguji nyali para peserta. Pada praktek dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama pemotretan dan sesi kedua evaluasi, walaupun tebing yang dipilih sesuai dengan skill pemula tetap saja para peserta kewalahan. Tehnik yang dipakai untuk turun adalah single roof dengan didampingi oleh para instruktur.

fotovertikal-workshop-gnbatu-2014-6

Akhirnya satu demi satu peserta workshop fotografi vertikal ini mencoba melakukan pemotretan di dinding andesit tersebut. Tosan salah satu peserta dari Cianjur berujar bahwa sangat sulit sekali melakukan pemotretan vertikal ini, setelah beberapa kali dicoba baru merasakan sensasi dari tehnik pemotretan ini.

Begitu juga Hirzy peserta termuda workshop ini yang baru duduk di kelas 1 SMP walaupun belia, Hirzy dengan cekatan bisa dengan cepat mengerti dan mempraktekan pemotretan pada dinding tebing. Selain ketahanan fisik, keterampilan, mempertahankan keseimbangan,membuat komposisi yang bagus merupakan kunci keberhasilan pada tehnik pemotretan vertikal pada dinding andesit Gunung Batu ini.

fotovertikal-workshop-gnbatu-2014-3

Pelatihan fotografi ini bermaksud memberikan pengetahuan kepada praktisi fotografi di Indonesia. Selain membuka peluang keprofesian, fotografi vertikal di negara inipun bisa terbilang nyaris tidak ada. Semoga melalui pelatihan ini, mampu mengantarkan lahirnya profesional fotografer vertikal.

Share.

About Author

1 Comment

Leave A Reply