Siaran Pers : LOMBA CIPTA SENI ANAK-ANAK NASIONAL 2013

2

Siaran Pers : Lomba Cipta Seni Anak-anak Nasional 2013 “MAJU NEGERIKU dan INDAH BUDAYAKU”

Lomba Cipta Seni Anak-anak Nasional (LCSAN) akan diselenggarakan untuk yang ke-8 kalinya di Istana Kepresidenan Cipanas, Puncak, Jawa Barat pada tanggal 7 Juli 2013 dengan tujuan yaitu sebagai sarana bagi pelajar SD dan SMP di Indonesia untuk menampilkan kreativitas berkesenian secara kompetitif dan spontan, serta mendorong pengembangan karakter generasi muda yang seimbang antara logika, etika, dan estetika.

Begitu besar perhatian yang diberikan oleh Presiden RI kepada dunia pendidikan sehingga disampaikan bahwa pendidikan sejak dini harus diarahkan untuk mengenali semua sisi baik kehidupan, yaitu kehidupan yang berimbang, harmonis dan menimbulkan ketentraman dan ketertiban.

Salah satu hal terpenting adalah pendidikan seni budaya dimana melalui seni budaya akan membuat bangsa kita saling menyayangi, rukun, menghargai satu sama lain, berwatak baik, suka damai dan tidak menyukai kekerasan . Educating hearst and minds of the people.

Melalui Lomba Cipta Seni Anak-anak Nasional (LCSAN) yang diselenggarakan atas kerja sama antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dapat memberikan semangat dan memotivasi anak-anak untuk terus mengasah bakat khususnya dibidang melukis, cipta puisi, cipta lagu, desain motif batik dan membatik.

Disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan bahwa Lomba Cipta Seni Anak-anak Nasional (LCSAN) merupakan salah satu upaya pendidikan dalam rangka pembentukan karakter dan jati diri yang berakar pada budaya bangsa yang diharapkan para peserta dapat berekspresi dan mengasah kepekaan hati nurani yang pada akhirnya akan memperhalus budi pekerti dan tingkah laku.

Sebagaimana tujuan pendidikan yaitu untuk menciptakan insan yang cerdas, kreatif, kompetitif, berwawasan global namun tetap mengakar pada budaya bangsa.

Hal senada juga disampaikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, bahwa melalui Lomba Cipta Seni Anak-anak Nasional (LCSAN) diharapkan menjadi ajang interaksi, apresiasi dan kompetisi, juga akan semakin menumbuhkan kebanggaan dan semangat cinta tanah air di kalangan generasi muda sekaligus menggali dan mengangkat potensi serta kemampuan generasi penerus sebagai pewaris bangsa yang kelak akan mengharumkan nama Indonesia di kancah kebudayaan dunia.

Peserta Lomba Cipta Seni Anak-anak Nasional Tahun 2013 diikuti oleh anak-anak tingkat SD dan SMP perwakilan terpilih dari 33 (tiga puluh tiga) provinsi di Indonesia yang akan bertanding pada 5 (lima) bidang lomba sebagai berikut :

Screen Shot 2013-07-04 at 2.05.16 PM

Para pemenang akan mendapatkan piala dan piagam peghargaan yang akan diserahkan secara langsung oleh Presiden RI beserta Ibu Ani Bambang Yudhoyono didampingi Menteri Parekraf dan Mendikbud.

Selain kompetisi, pada kegiatan ini akan dilengkapi juga dengan pameran pemenang kegiatan tahun sebelumnya.  Khusus untuk desain motif batik akan ditampilkan implementasi desain pada kain batik tulis dan beberapa produk fashion sebagai wujud pengembangan ekonomi kreatif.

Share.

About Author

FotografiIndonesia.net adalah sebuah situs yang dipersiapkan untuk membantu salah satu misi Sub Direktorat Fotografi, Direktorat Pengembangan Seni Rupa, Direktorat Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Seni dan Budaya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yaitu meningkatkan pengembangan kualitas fotografi sebagai sarana promosi. email: info@fotografiindonesia.net Twitter: @fotografi_ind

2 Comments

  1. agnindya chinisa on

    salam sejahtera utk pak sby saya sangat bangga. saya anak sdn catur tunggal 3 depok, sleman, diy. pak saya mau tanya lomba batik pada kain mori menggunakan malam/lilin, tingkat diy saya juara 2. dan itu ada hadiahnya nggak pak? kalau ada sampai sekarang ini belum diberikan. dan siapakah yang juara lomba tingkat nasional sd itu dari diy. daerah bantul. soalnya yang juara tingkat diy itu dari bantul.

Leave A Reply