LOMBA & PAMERAN FOTO INDONESIA 2013

571

Tentang Lomba Foto

Indonesia merupakan bangsa yang besar dengan 34 provinsi yang berjajar dari Sabang sampai Merauke. Setiap provinsi mempunyai identitas dan keunikan dalam hal alam, ciptaan manusia, adat istiadat dan budaya yang berbeda-beda.

Perbedaan yang terdapat di masing-masing provinsi merupakan keragaman dan kekayaan bagi tumbuh-kembangnya nasionalisme.

Untuk itulah, kekayaan alam,ciptaan manusia, adat istiadat dan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia harus didokumentasikan dan diinformasikan kepada seluruh masyarakat, sebagai wahana untuk menanamkan karakter dan jati diri melalui Lomba dan Pameran Foto Indonesia 2013 dengan tema Indonesia di Hatiku.

Ketentuan Lomba

Tema : “Indonesia di Hatiku”

Kategori Peserta Lomba
1. Pelajar
2. Mahasiswa
3. Umum

Ketentuan Umum

1. Lomba ini terbuka untuk pelajar, mahasiswa, dan umum. Warga Negara Indonesia.
2. Setiap peserta hanya bisa mengikuti lomba dengan memilih satu kategori saja dari daftar yang telah ditentukan dengan verifikasi data lomba melalui alamat email yang digunakan.
3. Karya foto yang dikirim adalah karya ciptaan sendiri (dua tahun terakhir, yang akan dibuktikan dari data exif file foto), belum pernah dipublikasikan di media cetak skala nasional, dan belum pernah memenangkan penghargaan dalam lomba fotografi apapun.
4. Foto yang diikutsertakan dalam lomba adalah hasil foto dari pemotretan menggunakan kamera digital.
5. Peserta diberikan kebebasan dalam memilih objek fotografi yang dimiliki daerahnya masing-masing (sesuai identitas diri) meliputi kategori (objek): alam,ciptaan manusia, adat istiadat dan budaya.
6. Obyek foto harus diambil dari domisili sesuai provinsi peserta. Gambar dari provinsi lain (bukan domisili peserta) tidak dapat diikutsertakan dalam penilaian. (akan dilakukan verifikasi setelah peserta terpilih sebagai nominator).
7. Setiap foto harus dilengkapi identitas diri peserta seperti: kategori lomba, nama fotografer, judul foto, alamat, nomor telepon/hp, e-mail dan identitas diri yaitu kartu pelajar, kartu mahasiswa, atau KTP (Kartu Tanda Penduduk).
8. Hak cipta melekat pada fotografer, namun Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif diberikan hak/ijin untuk memublikasikan foto yang masuk nominasi (finalis) untuk kepentingan non-komersial dalam lingkup kegiatan lomba foto ini. Panitia dibebaskan dari tuntutan pihak ke-3, bila foto digunakan untuk keperluan tersebut.
9. Seluruh karya yang masuk ke Pantia akan diseleksi oleh Dewan Juri, untuk mendapatkan 30 nominator, yang terdiri dari :
a. 10 foto kategori  pelajar
b. 10 foto kategori mahasiswa
c. 10 foto kategori umum
d. Dan memilih 180 karya untuk dipamerkan (60 pelajar, 60 mahasiswa, dan 60 umum)
10. Pengiriman karya dimulai 6 Mei 2013 dan ditutup tanggal 18 Juli 2013 pukul 24.00 WIB.
11. Nama nominator akan diumumkan melalui website www.fotografiindonesia.net pada tanggal 29 Juli 2013.
12. Seluruh karya foto yang telah diunggah peserta dapat dilihat setelah tanggal penutupan lomba di website www.fotografiindonesia.net
13. 30 Nominator akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti workshop fotografi pada tanggal 15-17 Agustus 2013.
14. Panitia akan menanggung biaya transportasi peserta (dari daerah asal ke Jakarta P.P.) transportasi lokal, akomodasi dan konsumsi selama mengikuti workshop fotografi.

Ketentuan Khusus

1. Setiap peserta diperbolehkan mengirimkan maksimal 7 buah karya foto dalam format digital (JPEG).
2. Olah digital diperbolehkan, sebatas perbaikan kualitas foto (sharpening, cropping, color balance, dan saturasi warna) tanpa merubah keaslian objek.
3. Tidak diperbolehkan mengirimkan foto berupa kombinasi lebih dari satu foto (composite dan montage) dan menghilangkan/mengubah elemen-elemen dalam satu foto.
4. Dengan mengirimkan karya foto berarti peserta telah dianggap menyetujui semua persyaratan yang telah ditetapkan oleh panitia.
5. Panitia berhak mendiskualifikasi foto peserta sebelum dan sesudah penjurian apabila dianggap tidak memenuhi ketentuan.
6. Keputusan Dewan juri mutlak tidak dapat diganggu gugat.
7. Tidak dipungut biaya apapun untuk mengikuti Lomba Foto Indonesia 2013.

Tata cara/prosedur pengiriman karya

1. Seluruh karya dan identitas peserta diunggah melalui situs dengan alamat: http://fotografiindonesia.net/fotoindonesia2013
2. Sebelum dikirim, foto harus diperkecil (resize) dengan ukuran sisi terpanjang 1024 pixel, disimpan dalam format JPG skala 6.
3. Besar file foto maksimal 1 MB. Apabila melewati batas maksimal, foto akan otomatis ditolak oleh sistem.
4. Mengisi form data peserta dengan lengkap dan mengunggah foto yang akan dilombakan. No tlp/HP wajib diisi untuk konfirmasi dan verifikasi finalis.
5. Pengiriman karya dimulai 6 Mei 2013 dan ditutup tanggal 18 Juli 2013 pukul 24.00 WIB.
6. Pengumuman pemenang lomba foto Indonesia tanggal 17 Agustus 2013.

Kriteria Penilaian

- Mutu Teknis
- Estetika
- Keunikan Lokasi dan Budaya
- Tingkat Kesulitan

Juri Lomba Foto Indonesia 2013

1.    Arbain Rambey (Fotografer Senior Harian KOMPAS)
2.    Agatha Anne Bunanta (Fotografer, Juri Internasional)
3.    Oscar Motuloh (Galeri Foto Jurnalistik Antara)
4.    Reynold Sumayku (Editor Foto Majalah National Geographic Indonesia)
5.    Ve Dhanito (Fotografer Konseptual)

Hadiah Pemenang

Kategori Pelajar mendapatkan hadiah:
-  Juara I :  Piala Presiden, Piagam dan Uang sebesar Rp 30.000.000 dan Kamera DSLR Canon EOS 1100D
-  5 Finalis :  Piala Presiden, Piagam dan Uang sebesar Rp 7.500.000 dan Tas Kamera Canon

Kategori Mahasiswa mendapatkan hadiah :
-  Juara I:  Piala Presiden, piagam dan uang sebesar Rp 40.000.000 dan Kamera DSLR Canon EOS 1100D
-  5 Finalis:  Piala Presiden, piagam dan uang sebesar Rp 10.000.000 dan Tas Kamera Canon

Kategori Umum mendapatkan hadiah :
-  Juara I:  Piala Presiden, piagam dan uang sebesar Rp 50.000.000 dan Kamera DSLR Canon EOS 1100D
-  5 Finalis:  Piala Presiden, piagam dan uang sebesar Rp 15.000.000 dan Tas Kamera Canon

Informasi Lomba Foto Indonesia 2013

Sekretariat Lomba dan Pameran Foto Indonesia 2013
d/a Direktorat Pengembangan Seni Rupa, Direktorat Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Seni dan Budaya, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,
Jalan M.T. Haryono Kav. 47 – 48, Jakarta Selatan 12770

Email : info@fotografiindonesia.net
Facebook : http://facebook.com/INDONESIAFOTOGRAFI/
Twitter : @fotografi_ind  #LFI2013

http://fotografiindonesia.net/fotoindonesia2013/

Share.

About Author

FotografiIndonesia.net adalah sebuah situs yang dipersiapkan untuk membantu salah satu misi Sub Direktorat Fotografi, Direktorat Pengembangan Seni Rupa, Direktorat Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Seni dan Budaya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yaitu meningkatkan pengembangan kualitas fotografi sebagai sarana promosi. email: info@fotografiindonesia.net Twitter: @fotografi_ind

571 Comments

  1. Selamat siang,
    Saya ingin menanyakan mengenai ketentuan nomor 6. Misalnya saya berasal dari Sumatera Barat tetapi saya tinggal di Jakarta (KTP Jakarta), apakah obyek foto yang dapat saya kirimkan hanya yang berasal dari provinsi Jakarta atau bisa dari Sumatera Barat?
    Terima kasih

    • Halo mas Arindra. Salam kenal yah. Mas mau iku yang kategori apa? Kalau kategori UMUM memang obyek fotonya harus sesuai domisili KTP yaitu Jakarta. Sedangkan kalau mau ikut kategori lain dan mempunyai identitas lain (Palembang), maka identitas tersebut yang digunakan dan obyek foto boleh dari Provinsi Sumatera Selatan. Kira2 demikian penjelasannya yah. Semoga berkenan.

      Salam,

      Paniti Lomba & Pameran Foto Indonesia 2103

  2. selamat malam, saya ingin bertanya, kalau memfoto memakai kamera handphone boleh tidak? saya ikut kategori pelajar, tetapi saya tidak punya kartu pelajar, bagaimana? saya juga belum mengerti tentang kriteria penilaian. maaf, sudah merepotkan, terima kasih, dan mohon dibalas :)

    • oh ya, beberapa pertanyaan lagi. kalau fotonya tidak mencakup kebudayaan Indonesia, hanya keindahan alamnya saja, bagaimana? lalu, apakah judul boleh berbahasa Inggris? terima kasih :)

  3. salam jepret. :)
    saya mau tanya mas.. kalo kategori mahasiswa, tpi provinsi berbeda gimana ya..
    terima kasih

    • Halo Mas Ahmad,

      Untuk kategori mahasiswa bisa pakai domisili provinsi kampusnya kok. Karena nanti untuk verifikasinya menggunakan kartu mahasiswa dan domisili kampusnya sesuai dengan provinsi tempatnya. Jadi misalkan mas Ahmad KTP Jakarta, tapi kuliah di UGM Jogja, maka boleh foto di area Jogja karena KTMnya di Jogja. Demikian infonya.

      • Fabianus Riyan on

        salam jepret, saya ingin mengikuti kategori Mahasiswa. KTP saya dari SOLO karena memang domisili di Solo, tetapi saya Kuliah di Yogyakarta juga. Apakah saya hanya bisa mengirim obyek Foto dari Yogyakarta saya, atau boleh juga Obyek foto di Solo? matur nuwun . .

  4. Edward Perdana on

    selamat sore, sy ingin bertanya semisalnya saya mengikuti lomba kategori mahasiswa dan sy sdg kuliah di sbya tetapi asal saya dari makassar (KTP Makassar), apakah boleh sy menggunakan foto yang berasal dari makassar ? terima kasih

    • Halo Mas Edward,

      Kalau kategori mahasiswa tidak bisa mas. Karena kuliah mas di Surabaya maka area fotonya adalah provinsi Jawa Timur. Kalau misalkan ikut kategori UMUM mas bisa ambil foto di area Makassar dan daerah di provinsi Sulawesi Selatan.

  5. Selamat siang,
    Saya mau bertanya tentang ketentuan umum nomor 4. Apakah harus menggunakan kamera digital saja, tidak boleh menggunakan kamera hp atau slr?
    Dan saya ingin bertanya juga tentang ketentuan umum nomor 6. Saya mengikuti kategori mahasiswa, kebetulan saya kuliah di Bandung dan mempunyai KTM, namun KTP saya berasal dari Jakarta. Apakah saya bisa menggunakan identitas kartu mahasiswa tersebut dan menggambil foto di Bandung atau tetap harus sesuai KTP?
    Terima kasih.

    • Halo mas Herman,

      Kalau lomba ini wajib menggunakan kamera digital. Bisa DSLR atau Kamera Pocket. Untuk kategori mahasiswa mas bisa gunakan dan mengambil obyek foto di Bandung dan daerah lain yg masuk ke provinsi Jawa Barat. Karena kampus mas ada di Bandung dan termasuk ke provinsi Jawa Barat. Tapi kalau mas ambil kategori UMUM maka hanya bisa ambil foto di daerah Jakarta saja. Demikian infonya mas :)

  6. pak,… ktp saya medan kebetulan saya kerja di riau bolehkah saya mengirim foto riau soalnya kan saya udah lama bekerja di riau,

    • Halo pak Mahruzar,

      Kalau ikut kategori umum tidak bisa karena harus sesuai asal domisili KTP yaitu provinsi Sumatra Utara. Bapak bisa ambil obyek foto di daerah yg termasuk wilayah Sumatra Utara.

      terima kasih.

  7. Salam…
    Gimana caranya mengetahui apakah kita sudah terdaftar atau belum.?
    Apakah ada email konfirmasi da FI yang akan dikirimkan ke alamat email yang digunakan pada saat mendaftar.?

  8. min kebetulan saya telah meng uploud 6 foto
    tetapi 2 foto tersebut saya jepret di daerah jakarta
    sedangkan saya berdomisili semarang, apakah foto dianggap sah?
    jika tidak apakah boleh saya kirim foto yg lain?

  9. Kak admin, mau nanya, kalo misalnya mau kirim fotonya lebih dari satu, apa harus isi form registrasinya lebih dari satu juga? thanks :)

  10. Selamat siang om admin…

    Untuk lomba foto piala presiden ini, Ada 1 pertanyaan yg mengganjal, dan kayaknya belom ada jawabannya… Saya memiliki KTP Jakarta, mau ikut kategori umum. Pertanyaan saya adalah :
    1. Hasil foto merupakan hasil pemotretan di daerah domisili saja. Benarkan?
    2. Bagaimana jika pemotretan dilakukan di Jakarta, namun foto menampilkan budaya daerah lain, sperti contohnya pagelaran budaya Dayak di TMII. Apakah boleh pemegang KTP Jakarta mensubmit foto tersebut?

    salam,
    Hendra Permana

  11. Satria Bagus on

    maaf mau tanya ini..
    Saya sudah kerja di gresik namun KTP saya status nya mash PELAJAR/MAHASISWA n KTP saya berasal dari BLITAR…
    Yang saya mau tanyakan, apakah saya bisa ikut Kategori Mahasiswa sekaligus UMUM?Misal saya ikut Kategori UMUM, apakah tidak apa2 karena ketidak sama an status saya di KTP dengan sebenarnya yang sudah bekerja ini…
    maaf banyak nanya ini . .Mohon penjelasannya ya . .

  12. min, mau tanya-tanya nih
    saya kan ingin mengikuti lomba ini, tetapi saya bingung masuk dalam kategori apa
    soalnya sekarang baru nunggu pengumuman UNAS, dan lomba diselenggarakan sampai Juli

    misal saya sampai bulan Juli belum dapat kuliah, saya termasuk kategori pelajar / mahasiswa ?
    kalau pelajar, misal bulan agustus sudah dapat kuliah dan mendapat KTM, nanti pada kategori pelajar akan berpengaruh atau tidak ?
    maaf min kalau pertanyaannya panjang dan lebar, biar tidak sia-sia untuk mengikuti lomba ini hehe :)

  13. muflich rijal on

    assalamualaikum salamat pagi…
    saya mau bertanya, saya kuliah di salah satu kota di jawa timur namun bulan juli saya sudah wisuda. rencananya saya mau daftar bulan ini. mohon arahannya saya harus masuk kategori apa? trimakasi

  14. selamat malam
    mau tanya sedikit. di ketentuan foto diambil dalam jangka 2 tahun ke belakang. jika sekarang 2013 jadi 2 tahun sebelumnya adalah 2011, maka batas foto yg boleh dikirim yg diambil dari bulan januari 2011 atau dari bulan mei 2011 . terimakasih :)

  15. permisi mimin
    mau tanya apakah kategori pelajar menggunakan identitas kartu pelajar ?
    jika kita ikut kategori pelajar namun identitas menggunakan KTP apakah bisa ? mungkin dikarenakan kartu pelajar hilang/rusak
    thx 4 reply

  16. min, mau tanya-tanya nih
    saya kan ingin mengikuti lomba ini, tetapi saya bingung masuk dalam kategori apa
    soalnya sekarang baru nunggu pengumuman UNAS, dan lomba diselenggarakan sampai Juli
    misal saya sampai bulan Juli belum dapat kuliah, saya termasuk kategori pelajar / mahasiswa ?
    kalau pelajar, misal bulan agustus sudah dapat kuliah dan mendapat KTM, nanti pada kategori pelajar akan berpengaruh atau tidak ?
    maaf min kalau pertanyaannya panjang dan lebar, biar tidak sia-sia untuk mengikuti lomba ini hehe :))

    • Halo Mas Adhi,

      Silakan ikut yg kategori pelajar. Ketika upload nanti kartu pelajar masih aktif, kalau nanti menang dan ternyata sudah lulus tidak apa2 karena waktu mendaftar kartu pelajarnya masih aktif :)

      Salam
      FI

  17. Bagus nih… namun sangat disayangkan bila foto yang kita potret harus sesuai dengan domisili si photographer. Blom waktunya kirim. Lanjutkan

    • Terima kasih masukannya mas :)

      Memang tujuan lomba foto ini ingin mengajak fotografer di setiap daerah di seluruh Indonesia untuk bisa berkarya dengan maksimal dengan mengeksplorasi dan mendokumentasikan potensi keindahan alam, budaya, daerahnya masing2. Demikian penjelasannya masm semoga berkenan :)

      Salam
      FI

  18. aditya wicaksana on

    saya sudah upload , tapi saya ada kesalahan dengan pengaturan skala jpeg, bagaimana? apa saya harus upload ulang?

  19. min mau nnya nih
    misalnya untuk katergori mahasiswa nih, kan harus ambil objek di sekitar kampus ya, gmn klo kampus saya ada di 2 domisili yang berbeda, apa bisa ambil objek di 2 domisili tersebut ?
    terimakasih sebelumnya

  20. Mohon ijin nanya ya admin.. Saya tinggal di Tarakan, Kalimanta Utara, namun KTP saya masih pakai Tarakan, Kalimantan Timur. Karena Provinsi Kalimantan Utara baru saja terbentuk dari pemekaran Kalimantan Timur. Jadi apakah saya masih ikut wilayah Kalimantan Timur ?

  21. Septiandi Fransisco on

    Maaf, saya mau tanya
    Bagaimana cara kita menunjukan identitas diri kita seperti Kartu Pelajar, KTP dan Kartu Mahasiswa ? Apakah harus di scan agar foto hasil scan itu dikirimkan atau bagaimana ? Terima Kasih

  22. syamsu muzakki on

    bang admin,,mau tanya,,,misal mau ikut kategori mahasiswa,,,apakah dalam verivikasi harus memakai KTM??
    misalnya KTM rusak/hilang apakah boleh menggunakan KTP???
    haturnuhun bang admin
    :)

  23. Bayu Atmanisa on

    mau tanya ni, alamat KTP saya kan di kota pontianak, terus.. apakah boleh saya mengirim foto yang di jepret dari daerah-daerah ( misalnya daerah : sambas, singkawang, mempawah dll )
    makasih :)

  24. min,,mau tanya jika saya upload foto…didalam foto itu ada orang banyak boleh atau tidak..apa cman perseorangan fotonya

  25. Joko S. Al Muchlis on

    Mohon infonya, kemarin jaringan internet saya kurang bagus, sehingga ketika saya meng-upload foto di fotografiindonesia.net terputus, lalu beberapa menit kemudian saya upload kembali foto yang sama dan berhasil.

    Hari ini saya mendapat pemberitahuan lewat e-mail, bahwa foto saya berhasil di upload. Namun ternyata foto saya yang sama ter-upload dua kali, apakah mungkin untuk menghapus salah satu file foto saya yg sama itu?, dan apabila tidak bisa, apakah akan bermasalah dikemudian hari, dikarenakan saya meng-upload foto yang sama untuk event “lomba dan pameran foto Indonesia”?

  26. Ayu Apriliyanti on

    permisi min saya mau tanya, kalau ikut kategori mahasiswa, kuliahnya di depok tapi objek foto diambil di jakarta, bisa gak min? minta balesannya ya.. makasih

  27. Saya mau nanya, saya kategori pelajar lalu saya tidak hafal Kartu Tanda Pelajar saya, kalo gak diisi boleh gak? Lalu, kalo di keterangannya gak dikasih keterangan tempat dimana foto tersebut diambil, boleh? Terimakasih. :)

  28. dheny dharmawan on

    salam Fotografi.
    maaf mas, saya mau nanya.
    jika gambar yang saya kirim itu tentang kendaraan atau transportasi darat boleh gak mas?
    makasih sebelumnya.

  29. Irfan Harfiansyah on

    permisi saya mau nanya kalau saya tinggal di kabupaten cirebon tpi ngambil objek foto di kabupaten kuningan
    itu boleh tidak

  30. Sugeng Hadi P on

    Halo…Mas Admin , bicara soal ketentuan umum nomer 6
    seumpama saya tinggal di Surabaya , berarti saya boleh mengirimkan hasil foto2 saya yg dari kota2 lain, asal masih di wilayah Jawa Timur. Benarkah begitu ??

  31. min,,,
    Saya mau nanya, soalnya saya mau ikut kategori pelajar sama umum, pelajar saya masukin biodata pelajar kemudian umum saya masukin biodata dari SIM, boleh apa tidak? Terimakasih. :)

  32. Mas kalau saya domisili di daerah perbatasan 2 propinsi,karena 500meter dari rumah saya udah provinsi lain,apakah saya boleh mengirimkan foto yang ada diambil di provinsi sebelah?

  33. Permisi om admin..

    mau nanya, kebetulan saya tahun 2012 ke batam, KTP saya dipake utk rental mobil dan gak dibalikin, jadi gak punya KTP pengganti. Boleh pake No. SIM gak?

  34. Fakhruddin Abdullah on

    Mau tanya ne.. saya di Provinsi Maluku utara, KTP saya di kabupaten Halmahera Barat Provinsi Maluku Utara, namun sementara baru bertugas di kabupaten Pulau Morotai provinsi Maluku Utara. Sekarang masih proses pembuatan pindah Penduduk. Dan saya sudah minta surat keterangan domisili di Morotai, apakah apa yang harus saya gunakan sabagai isyarat. Apakah KTP di kabupaten Halmahera Barat ataukah pakai nomor surat keterangan domisili???

  35. Met siang mas,
    mas mau nanya nech, klo personel TNI/Polri masuk ke dalam kategori umum ya? tks atas infonya…

  36. M. Ajib Putra on

    Nanya mas..
    Foto yg akan diupload apakah memakai semacam watermark / label dari fotografernya ataukah diwajibkan polos saja tanpa memakai label..???
    Terimakasih.

  37. Mohammad Rizky Alfarisi on

    Selamat pagi admin..
    Saya mau tanya, barusan saya mengunggah foto menggunakan identitas mahasiswa..
    Saya ingin mengunggah foto lagi, tapi menggunakan identitas KTP..
    Apakah itu diperbolehkan?

    Terima Kasih..

  38. bambang hermawan on

    foto yg di upload harus original apa boleh di poles pake software kaya photoshop dan adobe lightroom gitu.

  39. mau tanya mas,apakah objek foto bsa berupa karya ide individu,semisal bukan mengambil objek alam ,budaya atau hal lain yg d tuliskan d atas,apakah saya bsa mengambil objek yg berbasic theme indonesia yg lain ,seperti perkembangan revolusi,sistem indonesia,ilmu pengetahuan, atau objek individual seperti menggunakan model ,tetapi tetap menggunakan thema tentang indonesia..

  40. Nanda Putra Permata Ertri on

    Selamat siang min ,mau tanya kalo salah masukin no ID KTP gimana yah ? -__- kurang 1 digit angka

  41. mau nanya’ ni, kirim photonya itu brapa banyak, terus temanya apa aja dalam setiap photo.. .
    mohon di perjelas, saya blum ngerti. . .!!!

  42. Adrian Rizkal on

    Om Admin mau tanya, setelah upload foto ada tombol untuk share dan like foto tersebut. apakah jumlah like pada foto tersebut mempengaruhi terhadap penilaian atau setidaknya menjadi nominator?

    salam
    ~rizkal~

  43. sesuai dari ketentuan nomor 3 . Karya foto yang dikirim adalah karya ciptaan sendiri (dua tahun terakhir, yang akan dibuktikan dari data exif file foto), nah maksudnya dua tahun terakhir itu apa tahun 2013 termasuk ? apa foto tahun kemarin” 2011/2012?

  44. Wahyu Tri BUdiono on

    permisi, mau tanya soal peraturan yang belum saya mengerti

    1. domisili saya jakarta. tapi saya ambil foto di kepulauan seribu. seperti pulau tidung, pulau harapan, pulau kelapa. boleh tidak ya? mengingat kepulauan seribu termasuk jakarta :)

    2. boleh tidak saya me retouch foto format RAW setelah itu saya kompres ke JPEG dengan Lightroom, karena dilightroom saja yang mudah untuk me retouch (contrast, burning, saturasi, dodging) ?

  45. mohon arahan/petunjuk untuk merubah ukuran photo (diperkecil (resize) dengan ukuran sisi terpanjang 1024 pixel, disimpan dalam format JPG skala 6.).
    Tks.

    • Saya sdh coba di photoshop, memang ukuran foto dan kapasitasnya mengecil. tapi foto jadi tidak tajam (dpi-nya tdk presisi). saya kuatir, nantinya akan mempengaruhi kualitas ketajaman foto tersebut.
      tks utk kterangannya.

      • ZAINUDDIN AHMAD on

        Yth ; Admin.
        Mohon dihapus 2 (dua) foto yang saya kirim tanggal 10 Juni 2012, dgn judul “Mendayung Sampan” & ” Sungaiku taman bermainku”, karena saya ragu dengan cara menyimpan/save-nya. Dan sudah saya ganti 2 foto tsb hari ini.
        Dan mohon foto yg berjudul “Menebar Jala” kategorinya dirubah. Saya salah memasukkan kategori lomba. Seharusnya “umum” bukan “pelajar”.
        Tks.

  46. Slmat mlm.
    mohon panduan dan penjelasan tentang “foto harus diperkecil (resize) dengan ukuran sisi terpanjang 1024 pixel, disimpan dalam format JPG skala 6″ (tata cara pengiriman point 2).
    Saya sudah coba di adobephotoshop. File dan foto memang mengecil. tapi foto menjadi pecah (tdk tajam). Saya kuatir, terhadap kualitas foto yg dikirim menjadi tidak maksimal.
    Tks.

  47. mohon penjelasan tentang ketentuan no. 2 (foto harus diperkecil (resize) dengan ukuran sisi terpanjang 1024 pixel, disimpan dalam format JPG skala 6.) agar foto tdk pecah (tdk tajam).
    tks.

  48. Kusuma Damayanti Santoso on

    maaf mas mau tanya,maksud dari poin 2. Setiap peserta hanya bisa mengikuti lomba dengan memilih satu kategori saja dari daftar yang telah ditentukan dengan verifikasi data lomba melalui alamat email yang digunakan.
    itu bagaimana ya?terimakasih

  49. Boleh tanya ga.. ada yang kurang faham mengenai target foto,
    untuk foto yang di lombakan apa boleh berbeda target hingga 7 foto
    atau satu target tapi dibikin 7 foto.
    dan apa foto dua tahun yang lalu saja, atau dari dua tahun yang lalu hingga sekarang, juga bisa dikutkan dalam lomba foto

  50. min mohon maaf,mw tanya…
    kan gni min,,saya kmaren ikut jambore mahasiswa se indonesia…yg di adaain di lombok…saya domisili di samarinda – kaltim…
    apakah saya boleh mengikut sertakan hasil foto saya yg di lombok itu?

    • oooh gtu y min,,,
      nah gni lg min,,,
      setau saya dan baru2 ini berau katanya masuk kaltara(kalimantan utara) tp tahun lalu itu masih kaltim,,,kalau saya krim fto yg di berau (derawan) gmna?
      trus saya kan kmaren kirim ftonya pake bio mahasiswa,,sedangkan alamat yg di KTM saya saya bru pindah beda,,gmna itu min,,tp ttp di samarinda sie

  51. DONY DWI MULYANTO on

    Mas admin saya mau tanya..saya kan udah upload foto..kmrn wkt upload saya g nemuin yg buat milih kategori..trus saya lihat saya masuk kategori pelajar sedangkan saya sudah bekerja…itu nanti bagaimana?apakah kategori bisa dirubah??mohon infonya..terima kasih…

  52. Min, kalau saya lupa menyimpan gambar dengan format JPEG skala 6 apakah itu juga berpengaruh pada penjurian nanti?

  53. selamat malam mas admins Di ketentuan khusus point 2 ada olah digital yang diperbolehkan (sharpening, cropping, color balance, dan saturasi warna), apakah brightness contras termasuk didalamnya?

    thanks

  54. Salam sejahtera
    Saya mau bertanya. Saya ikut kategori mahasiswa tetapi pada kolom yang menanyakan ktp/kartu mahasiwa. Saya masukinya nmor KTP bukan nmor KTM itu bagaimana.(saya kuliahah di upi bandung dan obyek yg saya ambil masih di daerah jawabarat.)
    Dan untuk sistem penilainya itu murni dari juri atau paling terbanyak like dari orang atau bagaiman.

    Terimakasih

  55. Bagus Bernadi Saputra (Jawa Tengah) on

    mas admin, saya ingin tanya dong
    kalo saya baru aja lulus SMA, tapi saya tidak ingat no. kartu pelajar saya gimana dong min? bisa pakai ktp saja?

  56. Sayangnya pengiriman foto dibatasi per wilayah, sedangkan hadiah tidak dibagi per wilayah (misal sumatera, jawa, bali dll), kemungkinan yang menang fotografer dari daerah yang memiliki kebudayaan variatif dan attraktif, Bali misalnya….

  57. Riski Sandra Rachmawati on

    Hallo ka admin:) saya mau tanya ni, kalo domisili didepok tp saya foto dibogor itu ga boleh ya?

  58. Bagus Setiadi on

    numpang nanya ni admin..
    maaf kalo misalkan pertanyaannya uda pernah ditanya,
    itu pada point 5
    “5. Peserta diberikan kebebasan dalam memilih objek fotografi yang dimiliki daerahnya masing-masing (sesuai identitas diri) meliputi kategori (objek): alam,ciptaan manusia, adat istiadat dan budaya.”

    apakah kategori objeknya harus mencakup semuanya (alam,ciptaan manusia, adat istiadat dan budaya), atau boleh salah satu??

    terima kasih

  59. Buyung Kharisma on

    Selamat malam mas.. Saya ikut kategori mahasiswa dan berdomisili di Palembang, KTP Palembang. Berarti sya hrus mengirimkan hasil all about Sum-Sel ya mas?

  60. misi saya mau tanya, saya mahasiswa tapi KTM saya hilang tapi saya tau nomer KTM nya, untuk daftar yg dibutuhkan itu KTM nya atau nomer KTM nya saja ? terimakasih

  61. Dear admin,
    Mau nanya, saya ber-KTP Jakarta, tetapi saya bekerja di bengkulu, jadi apakah boleh saya meng-upload foto dari Bengkulu ? Jika boleh, syarat apa yang harus saya lengkapi ?
    Terima kasih

  62. min kalau lulusan tahun ini dan masih proses buat jadi mahasiswa ikut kategori apa ini ? mahasiswa apa umum ?

  63. maulana muhammad on

    malam min, mau nanay nih.. olah digital nya kalo di black & whitekan fotonya gimana? apa itu mengganggu kriteria penilaian?
    makasih min sebelumnya

  64. Admin saya mau tanya nih, cara revisi gambar kita gimana? jika suatu gambar yang kita upload/kirim itu melakukan tehnik burning dan dodging ?? jadi kita ingin mengirim ulang hasil gambar yang semula tanpa ada editing burning atau dodging ?

    atau semua foto sudah diseleksi terlebih dahulu lalu di kirimkan melalui email ? jadi hasil foto yang tidak sesuai akan langsung di sleksi sebelum di kirimkan ke email sang pengirim / upload?

    atau semua gambar yang telah dikirim/di upload langsung di kirim melalui email sang pengirim tanpa melalui penyaringan ??

    kalo yang poin kedua itu benar bagaimana cara kita ingin merevisi gambar dan mengirim ulang foto yang akan kita ikut sertakan kedalam perlombaan ?? thx min

  65. aslamualikum wr wb,.
    saya mau tanya,, obyek yang kita ambil, itu harus 1 daerah, aza mas atu gmna?

    objek yang sudah terkenal aa objek wisatanya bebas mas.. trimakasih

  66. Admin yg baik, mau tanya, untuk kategori alam, apakah termasuk juga hewan, binatang, unggas atau serangga khas Indonesia?
    Trima kasih untuk penjelasannya :)

  67. Admin yg baik, saya mau bertanya, untuk kategori alam apakah foto Hewan/binatang/unggas/burung/serangga termasuk juga atau hanya foto pemandangan/Landscape saja? Trima kasih penjelasannya :)

  68. Hotnida Sibarani on

    Saya koq gak bisa submit foto ya ? Sdh dicoba ber-kali2 tetap tdk bisa
    Padahal semua kolom yang ada pada formulir sudah saya isi lengka[

  69. Met malam admin… kalo mau lihat foto saya pribadi yg sudah terupload bagaimana ya? Saya sudah kirim beberapa foto beberapa hari lalu, tapi tidak menerima konfirmasi apa-apa. Bagaimana cara mengecek sudah diterima atau belumnya ya? terima kasih. salam

  70. hallo.. :)
    maaf saya mau tanya, saya sudah upload foto dan berhasil, cuma keterangan yang saya telah tulis ingin saya rubah, apakah bisa d rubah dan caranya gimana? terimakasih.. :)

  71. mas admin….gimana ya cara juri tau tempat pengambilan fotonya…. kalau misalnya fotonya tidak diberikan keterangan tempat pengambilan foto…. kebetulan saya juga belum nulis tempat pengambilan foto… apa foto yang sdh diupload keterangan fotonya bisa diedit….. terima kasih mas admin….. semangat ya….hihihia

  72. permisi pakde mau tanya di file fotonya di kasih nama apa pakde,

    aku kan mau ikut katagori mahasiswa terus No. KTP/Kartu Pelajar : aku isi nik ktp boleh ngga itu,

  73. Agus Supriadi on

    Hari ini, Senin 24 Juni 2013, saya telah mengupload 4 (empat) foto.
    Saat input data utk registrasi, saya merasa ada yang salah mencentang optionnya, seharusnya UMUM, centang optionanya masih pada posisi awal (pelajar), mohon bantuannya. Terima Kasih
    Insya’allah dalam waktu mendatang akan melanjutkan upload sisanya 3 (tiga) foto.
    Salam Jepret.

  74. Agus Supriadi on

    Setelah saya cek via email,
    (1) ternyata File Foto “Gandrung Sewu” salah pada Daerah asalnya, tertulis ACEH seharusnya Jawa Timur.
    (2) Pada ke-empat foto yg telah diupload “Kategori” tertulis “Pelajar”, seharusnya “UMUM”.

    Mohon dibantu untuk revisinya, Terima Kasih

  75. Slamat siang mas admin, :)

    mau tanya, kebetulan status saya masih mahasiswa semester 6, tapi umur saya sudah 31 tahun dan sudah bekerja, jadi bekerja sambil kuliah.
    yg saya mau tanyakan, bolehkah saya masuk sebagai kategori mahasiswa, atau hanya kategori umum saja ?

    Terima kasih sebelumnya. :)

    • Siang mas Lutfi, kalau ingin ikut kategori mahasiswa maka yg dicantumkan adalah nomor kartu mahasiswa dan harus sesuai dengan domisili kampus. Begitupun dengan kategori umum, foto harus sesuai dengan domisili KTP. salam

  76. selamat malam min !!!!
    saya mau nanya nih sdikit saja
    foto yg dikirimkan maksimal 7 buah foto ?
    apakah di formulir pendaftaran itu bisa langsung di upload ke 7 buah foto tersebut ?

    mohon kejelasannya

    terimakasih

    salam FI

  77. min mau tanya dong.
    saya kuliah di depok.tapi kampus tempat saya kuliah punya kampus cabang yg wilayahnya ada disekitaran wilayah jadetabek.dan kebetulan saya tinggal di jakarta.boleh tidak saya mengirimkan foto2 yang lokasinya berada disekitaran jadetabek? saya ingin ikut kategori mahasiswa.mohon penjelasannya min.thx

  78. Defitra Mardiana on

    Maaf mau tanya, kemarin saya sudah mengupload foto tp smpai sekarang belum mendapat email konfirmasi nya. Bagaimana nih? Mksih sblmnya..

  79. Muahamad hariadi mahsyar on

    mohon maaf mau bertanya, setelah saya upload 2 foto dan mendapat laporan email konfirmasi, tetapi di kategori yang saya ikuti adalah kategori umum dan sudah saya centang, namun dilaporan terlihat di kategori pelajar, apa yang harus saya lakukan ? mengunggah ulang atau memang kesalahan teknis, terima kasih, di tunggu kabar baiknya.

  80. fatimah bilqis on

    min saya mau tanya, saya seorang pelajar SMA yang baru lulus tahun ini. tetapi saya belum resmi menjadi mahasiswa. kalau saya ingin mengikuti lomba ini saya harus memilih kategori yang mana?

    Terima Kasih :D

  81. min saya mau tanya.. jadi gini waktu itu kan ada festival budaya Indonesia yg di gelar di Jakarta tapi saya upload foto kesenian yang bukan khas Jakarta (saya bertempat tinggal di Jakarta).. apakah foto saya sah?

  82. mau nanya donk mas admin, foto saya kan yang dari kamera digital, data exif file nya thn 2006. padahal foto itu dari tahun 2011 akhir smpai 2013. karna saya tidak pernah merubah- rubah stelan waktu yang ada di kamera sejak pertama saya beli. itu gmn ya mas admin ?? tlog info nya terima kasih

  83. Agus Supriadi on

    Yth. Redaksi Lomba Foto
    Bagaimana cara kita untuk melihat hasil keseluruhan foto peserta yang sudah masuk / dimoderasi oleh panitia, bila untuk melihat foto-foto kita sendiri dapat diakses pada link balasan di email.

  84. Salam.
    Mau tanya admin, boleh ikut di dua kategori? kategori mahasiswa dan umum? Secara umur, saya sudah telat kuliahnya, hehehe…Kebetulan saya kuliah di nonreguler:-)

    salam

  85. Om..untuk pelajar SD kan tidak ada Kartu Pelajar. Apa bisa pakai Nomer NIK yang ada di Kartu Susunan Keluarga ? Apa harus minta surat keterangan dari kepala sekolah ? Sekarang kan liburan, masuknya pas tanggal 15 Juli 2013. Usul om…kapan-kapan diadakan kategori tingkat pelajar SD…Kayak di tingkat International itu ada lomba foto tingkat Kids dan Youth. Sekian dulu om…makasih

  86. Maaf, untuk kategori pelajar minimal kelas berapa ya? kalau kelas 3 SMP boleh ikut tidak? terima kasih

  87. muhammad prayudhi lubis on

    masa aktif kartu pelajar saya juni 2013 , tapi saya uda submit 3 foto , tapi entar kalo ada foto lagi saya mau submittt lagi tapi bulan juli , itu gimana yah ? masih bisa kan submit lagi di form yah uda diisi 3 foto tadi ?

  88. malam…
    saya mau ikut kategori pelajar tapi saya sekarang sedang mencari sekolah sma karena saya baru lulus smp yang saya mau tanya, untuk mengisi folmulir saya menggunakan kartu pelajar saat smp?

  89. malam admin, mau tanya
    saya kemaren sempet upload foto cuman lupa lagi pake email yang mana,
    cuman di pemberitahuan semua email saya belum mendapat email konfirmasi nya. mohon bantuanya trimakasih

  90. Saya zakiyah mau nanya nih kan saya ikt yg kategori pelajar fotonya boleh pake kamera slr/dslr kan? Trs satulagi saya kan org sumatra barat tapi tinggalnya di bogor bisa gak saya foto dgn objek alam tapi dgn memakai model memakai budaya sumatra barat misalnya menggunakan baju adat terima kasih sblmnya :)

  91. min, aku mau tanya ya. aku tinggal di depok kuliah di ciputat, Tangsel. aku mau ikt kategori mahasiswa . trus lokasinya harus di depok, ciputat atau boleh dua-duanya. trims

  92. Pandu Wicaksono on

    Maaf mau tanya. Misal saya mengikuti kategori umum alamat KTP di Magelang tetapi saya tinggal di rumah Yogyakarta, apakah foto harus sesuai dengan daerah saya Magelang atau bisa Yogyakarta?
    –Terimakasih–

  93. jeffry sandria on

    Halo admin
    saya mau bertanya apakah masing masing foto harus memiliki judul yang berbeda
    dan apakah pemenang di tentukan oleh 1 foto atau semua foto yang di kirimkan

  94. mau tanya yang membedakan Kategori Umum dan yg lainnya (mahasiswa) hanya berdasarkan identitas domisili saja kann?? Karena bingung mau ikut kategori apa ktp dan ktm sama-sama di jakarta.. terima kasih

  95. min saya sudah kirim 2 foto. foto yg pertama saya lupa mengganti asal daerah. cara gantinya gmn min? saya dari Depok, Jawa barat.mksh

  96. Dear Admin FI,
    saya tinggal di Jakarta tapi sekolah di Parung (masuk provinsi Bogor). wilayah foto yang bisa saya jepret harus di daerah Jakarta atau daerah Bogor dan sekitarnya? trims :)

    • Kategori Pelajar mendapatkan hadiah:

      - Juara I : Piala Presiden, Piagam dan Uang sebesar Rp 30.000.000 dan Kamera DSLR Canon EOS 1100D

      - 5 Finalis : Piala Presiden, Piagam dan Uang sebesar Rp 7.500.000 dan Tas Kamera Canon

      Kategori Mahasiswa mendapatkan hadiah :

      - Juara I: Piala Presiden, piagam dan uang sebesar Rp 40.000.000 dan Kamera DSLR Canon EOS 1100D

      - 5 Finalis: Piala Presiden, piagam dan uang sebesar Rp 10.000.000 dan Tas Kamera Canon

      Kategori Umum mendapatkan hadiah :

      - Juara I: Piala Presiden, piagam dan uang sebesar Rp 50.000.000 dan Kamera DSLR Canon EOS 1100D

      - 5 Finalis: Piala Presiden, piagam dan uang sebesar Rp 15.000.000 dan Tas Kamera Canon

  97. Heri wijayanto on

    Asalamualaikum.mau tanya nih bang / mb admin,kalau foto yg saya ambil di daerah madura tapi saya berdomisili magelang apa fotonya bisa masuk penilaian y?terima kasih

  98. admin, foto yang dimaksud harus 2 tahun terakhir atau boleh foto yang sekarang hingga 2 tahun terakhir?

  99. saya sudah foto untuk lomba, tapi ternyata tanggal nya lupa di sesuaikan sehingga memakai tanggal lama lebih dari 2 tahun lalu?
    Apa yang dimaksud dengan format jpeg skala 6?
    mohon penjelasannya
    terima kasih

    • 1. Foto akan dilihat exif datanya ketika masuk menjadi nominasi untuk verifikasi.
      2. Skala 6 artinya ukuran foto 2 banding 3
      resize ke 1024, saat ‘save as’ quality dijaga tetap di anka 12.
      dimensi foto akan mengecil, tetapi kualitas tetap terjaga..

  100. Selamat Siang, ada yang ingin ditanyakan mengenai foto yang akan dikirim.
    Untuk Mahasiswa/Pelajar, bolehkah kita mengirimkan foto dari 2 daerah yang berbeda atau salah satu daerah ?. (Ex: Saya tinggal di Jawa Barat & Sekolah di Jakarta)
    Terima Kasih
    Salam

  101. Robby Julian Dimas P on

    Hallo min, mau tanya nih, barusan saya kirim foto 3 kali tapi yang 1 ada masalah saking semangatnya langsung klik submit padahal saya belum pilih fotonya, cara menghapus (yang gak ada fotonya) gimamana ?),trims.

  102. Andrei Simon Amisi on

    Slamat malam Admin yang baik :)
    Mau tanya, saya sudah mengirim 2 foto untuk kategori umum dan dua-duanya sudah berhasil ter-submit, hanya ada kesalahan data pada foto yg kedua yaitu no. HP salah ketik, harusnya nomor HP yg benar seperti pada foto yg pertama yaitu 081319070735, bukan 081319070723. Apakah ini berpengaruh pada penilaian? Terima kasih untuk penjelasannya.
    Slamat berkarya :)

  103. Selamat malam admin, saya udah upload 2 foto tapi waktu lihat di gmail foto saya masuk ke kategori pelajar, minta tolong admin ingin direvisi ke KATEGORI UMUM soalnya saya bukan pelajar & gak punya kartu pelajar

  104. Deny Juananta on

    permisi , saya mau tanya di foto” yg sudah saya kirim sudah saya kasih label saya contohya “DenyPhotograph” boleh gak ya ?
    terimakasih
    salam jepret indonesia

  105. Budi Pangestu on

    Pak saya mau tanya jika saya di Banten berarti saya pilih Kategori Mahasiswa atau Umum,,, krena Saya seorang Mahasiswa Pak…

  106. Andrei Simon Amisi on

    Slamat malam admin yg baik,

    Saya hanya mau bertanya, saya sudah meng-upload 2 foto di kategori umum dan dua-duanya sudah tersubmit tapi pada foto yang kedua ada
    kesalahan data yaitu no HP tertulis 081319070723, seharusnya no HP yang benar seperti pada foto yang pertama yaitu 081319070735, apakah ini mempengaruhi penilaian? Trima kasih untuk penjelasannya. Tetap smangat berkarya :)

  107. Slamat malam admin yg baik,
    saya skr sudah meng-upload 3 foto, sudah tersubmit dan bisa dilihat di gmail tapi pada foto yang ketiga-tiganya ada
    kesalahan data yaitu masuk ke kategori pelajar harusnya foto masuk ke kategori umum? Trima kasih untuk penjelasannya.

  108. NOER SASONGKO on

    Salam kenal & hormat…
    yang akan saya tanyakan..apakah diperbolehkan ikut lomba ini, jika hasil foto merupakan jepretan dari kamera HP ???
    Trimksh…

  109. maaf mau nanya soal olah digital kan di situ ditulis boleh sekedar perbaikan kualitas foto teru kalo berhubungan dengan brightness/contrast boleh ga tuh? kan foto harus sesuai daerah nya masing masing, terus kalo foto alam seperti landscape harus ada ciri khas daerah tersebut ga? kan foto alam biasa nya hanya pemandangan dan atau objek yang berada di alam. maaf pertanyaannya bertele-tele

  110. La Ode Mz Sakti Qudratullah on

    Admin Mau tanya, misalnya sy punya KTP SUlawesi Tenggara tapi saya mahasiswa Unhas (Makassar) dan saya mau ikut kategori mahasiswa..yang saya mau tanyakan..karena dalam form pendaftaran, Asal Domisili saya apakah sy simpan Sulawesi Tenggara krn itu KTP saya atau saya simpan SUlawesi Selatan sesuai dengan Kartu Mahasiswa saya dan…mengenai alamat, apakah saya mengisi alamat saya sesuai KTP yaitu sulawesi tenggara atau alamat saya di makassar karena kuliah di kampus Unhas (makasar)…..wasalam, mohon di konfirmasi ?

  111. Maaf mau tanya.Kalau kamera saya analog dan menggunakan roll film.Kan berarti harus cuci scan.Otomatis data exif kan tdk tersedia,paling hanya jenis mesin scan.Bagaimana ini?

  112. Muhammad Reza on

    min saya uda kirim foto kemarin tapi sampai sekarang saya belum juga dapat email balesan, apakah foto saya di tolak atau tidak ?

  113. Budi Pangestu on

    Pak kalau Judulnya berbeda dengan isinya gmn??? krn Saya lupa ngubah Judulnya… yang harusnya “Budaya Banten & Lomba Kicau Burung” tp di situnya masih “Budaya Banten n Alun-Alun Kota Serang” gmn Pak… berpengaruh tidak dengan penilaian???

  114. Mau konfirmasi ni. Kemarin saya upload tapi masih ragu sukses atau gagal. Kemarin tidak ada keterangan sukses upload. Tolong di cek ya foto atas nama m falah. Kategori mahasiswa. Jateng. Terimakasih.

  115. Fupu Soupuroh on

    Min saya mau tanya. Saya ini domisili dri Jawa barat, jika saya mengambil pemandangan di TMII boleh tidak ?

      • salam team fotografi,

        saya sudah upload foto 7 kali, hanya yang pertama saya lupa browse foto nya, sehingga sudah masuk pemberitahuan 7foto ke email saya akan tetapi hanya 6 gambar yang ada. Saya sudah konfirmasi via email ke email info@fotografiindonesia.net akan tetapi belum ada jawaban.
        dampaknya ketika saya sudah comment untuk ikut dalam program hadiah undian kamera Canon, comment saya masih belum aktif nampaknya (dengan keterangan Your comment is awaiting moderation). padahal saya ingin ikut dalam program tersebut. Dan maaf juga, saya kelupaan buat provinsi nya (sumatera utara). Hal ini sudah saya informasikan secara lengkap di Email, mohon bantuan feedbacknya ya.

        Salam. keep on support ya

      • afifah rahmasari on

        min mau nanya , klo alamatnya itu alamat rumah kita atau alamat yg ada dikartu pelajar ?
        tdi saya sudah kirim satu foto , tpi dg alamat rumah saya bukan alamat kartu pelajar , itu gimana min ?

      • min saya sudah upload foto tapi difoto udah saya tambahin nama has photografernya, itu tik diperbolehkan jadi tolong dihapus foto milik saya ?

  116. permisi admin,
    saya ingin bertanya:

    !. saya berdomisili di depok,jawa barat, berarti gambar dari seluruh tempat di jawa barat diperbolehkan kan ya?

    2. saya sudah mengirimkan 1foto, tetapi belum ada konfirmasi by email ke email saya, apa memang tidak ada konfirmasi by email ? kira2 foto saya sudah sampai apa belum?

    trim’s

  117. Alina Tri Kristanti on

    Met sore min. Tadi siang saya upload foto sebanyak 7 buah ( kategori pelajar). Tetapi sampai sore sekarang saya belum dapat konfirmasi melalui e-mail. Apa ada yang salah dengan upload saya tadi ? terimakasih.

  118. Belia Rachmiani on

    Admin mau nanya dong, klo foto silhouette gitu diperbolehkan? udah gitu kolom keterangan diisi apa ya? keterangan tentang fotonyakah atau gimana? terimakasih

  119. Pagi Admin, mau nanya software untuk rezise, dll dibatasi gak ? Klo biasanya lomba fto mintanya pake Adobe RGB (1998) color profile….mohon pencerahan…salam.

  120. Agus Supriadi on

    Yth Admin/redaksi Lomba Foto
    Apabila memungkinkan dari 6 (enam) foto yg telah diupload, rencana akan direvisi judul untuk satu foto ( keramahtamahanmu….menyapaku) dengan “judul baru”, apakah bisa ? bila bisa, berarti foto tersebut akan dihapus oleh admin ? selanjutnya seperti biasa, direvisi dan diupload !, namun bila tidak bisa, tidak mengapa. Terima kasih

  121. Permisi om admin, saya terlanjur upload 4 foto, saya ikut kategori pelajar, namun dari ke 4foto tersebut terlanjur saya masukkan No. KTP
    gmn caranya biar bisa merubah dan mengisi dengan No. KTM ?
    terimakasih, mohon pencerahannya.

  122. Siang Mas Admin, saya udah ngirim foto tapi sepertinya dobel dengan gambar dan judul yang sama, dihitung dua2nya gak ? trs apa iya tiap foto harus diupload satu per satu ? gak bisa sekali gus 7 gt ? makasih…

  123. Siang min.
    Saya mau tanya. Saya tinggal di bandung yang masuk kedalam provinsi jawa barat. Boleh tidak mengambil gambar yang bukan di bandung tapi masuk ke provinsi jawa barat?

  124. Alina Tri Kristanti on

    Met siang.
    Nyambung pertanyaan yang dulu ( perihal belum dapat notofikasi setelah uplaod foto), sudah saya kirim email saya via info@fotografiindonesia. Minta bantuan dan solusinya yach. Terimakasih.

  125. salam team fotografi,

    saya sudah upload foto 7 kali, hanya yang pertama saya lupa browse foto nya, sehingga sudah masuk pemberitahuan 7foto ke email saya akan tetapi hanya 6 gambar yang ada. Saya sudah konfirmasi via email ke email info@fotografiindonesia.net akan tetapi belum ada jawaban.
    dampaknya ketika saya sudah comment untuk ikut dalam program hadiah undian kamera Canon, comment saya masih belum aktif nampaknya (dengan keterangan Your comment is awaiting moderation). padahal saya ingin ikut dalam program tersebut. Dan maaf juga, saya kelupaan buat provinsi nya (sumatera utara). Hal ini sudah saya informasikan secara lengkap di Email, mohon bantuan feedbacknya ya.

    Salam. keep on support ya

  126. Rasyid Ridho on

    salam admin,
    Saya upload 7 foto, tapi salah satu foto, double. Bisakah saya upload satu foto lagi?

  127. maaf saya mau bertanya, apabila saya punya KTP bogor bisakah saya mengambil gambar di jakarta dan apabila saya sedang mengajukan ktp jakarta dan ketika saya join lamba saya punya ktp bogor dan setelah lomba di tutup ktp jakarta saya keluar bagaimana dengan foto2 saya, yg mana yg bisa saya pakai.? trmakasih

  128. Gangsar Eko K on

    salam lensa…..

    mas ni saya da upload foto tapi saya ikut kategori mahasiswa dan kuliah saya di Jakarta, sedangkan domisili saya di jawa timur. foto yang saya upload dari domisili saya jawa timur. setelah saya baca coment diatas ternyata saya salah.
    pertanyaan saya : apakah foto saya diterima? n bagaimana memperbaikinya…. kesalahan saya pada katagori saja mas…. thanks.

  129. min tanya saya mahasiswa yogyakarta KTM yogya , tapi saya tinggal di temanggung KTP temanggung. apakah foto yang saya ambil cuma daerah yogya?
    Cuma memastikan, objectnya diambil pakai kamera digital?

  130. Siang min, maaf mw mengulang prtanyaan saya yg blm terjwb, saya sudah upload 4 foto ikut kategori mahasiswa, namun saya salah masukkan no identitas menggunakan KTP yg seharusnya menggunakan KTM, bolehkah saya revisi ke 4 foto tersebut dengan mengisi data menggunakan KTM? terimakasih.
    dan rencananya saya akan upload 3 foto lagi. tp msh menunggu pencerahan dari admin.

  131. Alina Tri Kristanti on

    Aduhhh.. aku tambah bingung (masalah belum ada notifikasi melalui email). Daripada kepikiran terus, minta tolong dihapus aja semua nanti saya upload ulang fotonya ( 7 buah). Terimakasih.

  132. Gangsar Eko K on

    salam lensa…..
    mas ni saya da upload foto tapi saya ikut kategori mahasiswa dan kuliah saya di Jakarta, sedangkan domisili saya di jawa timur. foto yang saya upload dari domisili saya jawa timur. setelah saya baca coment diatas ternyata saya salah.
    pertanyaan saya : apakah foto saya diterima? n bagaimana memperbaikinya…. kesalahan saya pada katagori saja mas…. thanks

  133. pak saya pelajar kelas 9, tetapi ada masalah sama kartu pelajar saya yang hilang. Adakah solusi pengganti selain kartu pelajar? trimakasih

  134. afifah rahmasari on

    min mau nanya , klo alamatnya itu alamat rumah kita atau alamat yg ada dikartu pelajar ?
    tdi saya sudah kirim satu foto , tpi dg alamat rumah saya bukan alamat kartu pelajar , itu gimana min ?

  135. dear admin, saya salah mengirim 3 foto, kalau bisa minta dihapus semua dulu, ada yang foto 2008, ada yang ukurannya belum standard. terima kasih sebelumnya…

  136. mf mau tanya sebelumya kan saya ngirim foto bertema kesenian dan berjudul lengger banyumasan cilacap, tp foto senjunya yang saya kirim bertema wisata dan judul fotonya salah masih judul lengger banyumasan yang seharusnya berjudul benteng pendem. jd klo saya kirim ulang kan kuota foto jd bertambah sedangkan batas pengiriman foto maks 7 buah? gimana yah?

  137. selamat siang admin FI,
    mau tanya kan saya ikut kategori pelajar kan udah punya ktp kalo pake ktp boleh apa nggak kalo nggak boleh berarti pakai kartu pelajar dong?

    oh iya kalo ada yg salah keterangan domisili dan lain” gantinya gimana min?

  138. Maaf, saya punya beberapa pertanyaan
    1. Apakah lomba fto nya bleh memakai model ?
    2. Kalo foto makanan dan minuman khas daerah asal, apa termasuk dalam kategori kebudayaan ?
    3. Saat upload fto, untuk mengisi keterangan, format nya apa aja selain tempat pengambilan fto > apa harus dijelaskan maksud dan tujuan foto tsb jga ?
    4. Kalo fto2 gedung2 apa masuk kategori buatan manusia ?
    5. Bisa ga kita liat karya2 peserta yang telah mengupload fto nya sebelum deadline pendaftaran ?
    maaf banyak tanya min, mohon infonya

  139. Dear Admin.
    Saya mau ikut yang kategori mahasiswa. Kampus saya di Unsoed, Purwokerto. Di Kartu Tanda Mahasiswa tercantum NIM tetapi tidak ada nama kampus & daerahnya. Bahkan alamat yang ditulis adalah alamat asal saya, Bekasi. Apakah tidak masalah kalau saya tetap mengirim foto area Purwokerto?
    Mohon dijawab. Terima kasih.

  140. Fupu Soupuroh on

    Min saya pilih kategori pelajar , saya salah masukin no.kartu pelajar pas mengisi form.
    Saya ini kan siswi SMA tapi saya masukin no.kartu pelajar SD. Apa saya harus krim ulang fotonya Karena saya salah no.kartu pelajar ?

  141. halo FI ?? sya mau tnyak tentang ketentuan umumu :
    7. Setiap foto harus dilengkapi identitas diri peserta seperti: kategori lomba, nama fotografer, judul foto, alamat, nomor telepon/hp, e-mail dan identitas diri yaitu kartu pelajar, kartu mahasiswa, atau KTP (Kartu Tanda Penduduk)

    ini maksudnya gimana yah FI ?? mntak pnjelasannya :)

  142. halo FI ??
    sya mau tnyak tentang ketentuan umumu :
    7. Setiap foto harus dilengkapi identitas diri peserta seperti: kategori lomba, nama fotografer, judul foto, alamat, nomor telepon/hp, e-mail dan identitas diri yaitu kartu pelajar, kartu mahasiswa, atau KTP (Kartu Tanda Penduduk)

    ini maksudnya gimana yah FI ?? mntak pnjelasannya :)

  143. Agus Supriadi on

    Ternyata Semakin lama lomba foto ini semakin menarik sekali, karena ada tahapan sisipan yang dilombakan sebelum lomba inti, hadiahnya sangat menarik pula. Saya telah selesai upload 7 (tujuh) foto dan telah ikuti tahapan/persyaratan teknis, seperti (Like Facebook & Follow twitter) berarti secara langsung mendapat kesempatan untuk memenangkan lomba ini, sebelum lomba inti secara kesluruhannya. Semoga mendapat Hadiahnya, AMIN YRA
    Salam Jepret

  144. Roni Yansyah on

    Min, tolong hapuskan file yang sudah Saya uploada pada tanggal 2013-07-10 14:40:20
    karena fotonya tidak muncul
    Thks

  145. Pande Runata on

    Mohon maaf mas admin…mau nanya.
    Boleh tidak fotonya itu ada yang sama,?
    maksudnya foto dari satu model, tapi dari sudut berbeda. Boleh tidak ya??
    terima kasih..

  146. Laurentia Ayu Amanda on

    Mas, saya upload 2 foto yg sama, judulnya “Hijaunya Bukit Pasir”. Tolong dihapus salah satu , di mana asal kota blm saya ubah (tertulis ‘Aceh’).
    Foto yg berjudul “Puing-puing Batu Candi”, silakan dihapus karena foto sdh lewat dr 2 tahun yg lalu.
    Terima kasih sebelumnya.

  147. admin, bagaimana cara menghapus foto yang double? saya sudah kirim foto, setelah saya cek, ternyata foto yang saya kirim banyak yang double, sehingga saya tidak bisa kirim foto yang lainnya. trimakasih sebelumnya

  148. min mau tanya..
    saya kuliah di bali, KTM bali, KTP Lombok,,bolehkah ikut kategori mahasiswa dengan mengirimkan foto di Lombok?

  149. mau nanya, saya sudah submit foto saya di form registrasi saya menggunakan no KTP. tapi saya ikut kategori mahasiswa. apakah tidak apa2?

  150. Cania Adinda on

    Om Admin, saya sudah kirim 7 foto, kenapa di email balasannya hanya 4 foto yang bisa dilihat sedangkan 3 foto lainnya hanya tulisan thumb + kotak kecil, padahal semuanya sudah saya perkecil dibawah 1 Mb, Apa saya harus ulang lagi submit-nya? thanks Om Admin yang baik……

  151. maaf saya mau bertanya,apakah no. KTP/kartu pelajar tidak di isi tidak masalah? karena saya masih pelajar dan blm memiliki KTP dan kartu pelajar saya tdk disertakan nomor. terima kasih atas penjelasannya

  152. Yulia Muvita Siwi on

    Min, mau tanya. Kalau saya kuliah di jogja(KTM Jogja). Tapi KTP Jateng. Saya ikut kategori mahasiswa. Tapi foto di jateng. Sah tidak?
    Atau saya boleh mengirim lagi foto yang sama dengan mengganti ke kategori umum?
    Soalnya saya terlanjur mengirim.
    Terima kasih.

  153. mutiara suryadini on

    min, saya baru aja lulus sma dan belum masuk ke universitas. lalu kalau saya ikut kategori pelajar boleh nggak min? terus kalau saya ikut kategori pelajar apa boleh menggunakan no.KTP?
    terimakasih min

  154. min saya ada kesalahan pada pengiriman foto yang berjudul sampan bidar , seharusnya asal saya kalimantan barat tapi di situ jawa barat mohon diganti min atau saya kirim ulang ????

  155. Cania Adinga on

    Om Admin,saya sudah kirim 7 foto untuk kategori pelajar tapi kenapa di email konfirmasinya hanya 4 foto yang bisa dilihat sedangkan 3 foto lainnya hanya ada tulisan “thumb dan kotak kecil” padahal semua foto sudah di rezise menjadi dibawah 1mb, apa saya harus submit ulang 3 foto dimaksud. Thanks Om Admin yang baik….

  156. Yulia Muvita Siwi on

    Pagi Admin, maaf mau tanya. Kalau saya kuliah di jogja (KTM Jogja). Tapi KTP Jateng (alamat yang tercantum di KTM juga Jateng). Saya ikut kategori mahasiswa. Tapi foto di jateng. Sah tidak?
    Atau saya boleh mengirim lagi foto yang sama dengan mengganti ke kategori umum?
    Soalnya saya terlanjur mengirim.
    Terima kasih.

  157. mas… setelah foto diedit (diresize), informasi : date picture taken & kamera, tu sudah hilang. apakah akan berpengaruh (ditolak)??? makasih sebelumnya… maklum newbie nih

  158. deny juananta on

    min karena foto yg sudah saya submit saya kasih label (DenyPhotography)
    jadi saya putuskan untuk mengirim foto yg asli tanpa saya edit dengan ID yg sama tetapi menggunakan email yg berbeda
    gimana min ?
    mohon info thnks

  159. min karena foto yg sudah saya submit saya kasih label (DenyPhotography)
    jadi saya putuskan untuk mengirim foto yg asli tanpa saya edit dengan ID yg sama tetapi menggunakan email yg berbeda
    gimana min ?
    mohon info thnks

  160. min karena foto yg sudah saya submit saya kasih label misal -> “DDAphotography”
    jadi saya putuskan untuk mengirim foto yg asli tanpa saya edit dengan ID yg sama tetapi menggunakan email yg berbeda
    gimana min ?
    mohon info thnks

  161. Halo, Mau tanya.
    Saya orang Korea yang mengikuti program studi pascasarjana di UI.
    Apakah boleh ikut lomba ini?
    Saya mempunyai KITAS (Kartu Identitas Sementara bagi Orang Asing) yang berdomisili di Jakarta.
    Harap jawab.

    Tks

  162. selamat malam kak ,, saya mau tanya min kan penentuan foto diambil 2 tahun sebelumnya dan terlihat pada identitas di foto tersebut ,, terus saya melakukan editing di photoshop dengan batas yg udah ditentukan juga seputar contras warna krna foto sya ,, saya ambil dengan RAW trus setelah saya save tanggal dn wktu jadi berubah sesuia editing jadinya gak pas saat saya ambil itu gmna min ?? gapapa ??

  163. Kak saya upload ada yg salah uploadtan pertama sampe ke 3 trus saya upload lagi dari awal uploadtan ke 4 smpe ke 7 udh bener trus saya mau upload 1 foto lagi jdi gak bisa itu gmna kak ,, tolong bantuannya bisa di hapus uplaodtan 1 smpe 3 nya ???

  164. mau nanya, saya sudah submit foto saya, di form registrasi saya menggunakan no KTP. tapi saya ikut kategori mahasiswa. apakah tidak apa2?

  165. La Ode Mz Sakti Qudratullah on

    Selamat siang admin, saya mau konfirmasi bahwa foto yang saya upload semalam jam 02.00 namun sampai saat ini saya belum menerima konfirmasi balasan dari panitia…wasalam, mohon infonya

    • La Ode Mz Sakti Qudratullah on

      Selamat siang admin, saya mau konfirmasi bahwa foto yang saya upload semalam jam 02.00 namun sampai saat ini saya belum menerima konfirmasi balasan dari panitia…wasalam, mohon infonya

  166. La Ode Mz Sakti Qudratullah on

    Selamat siang admin..mau konfirmasi bahwa semalam sekitar jam 02.00 saya sudah upload foto saya sebanyak 7 foto namun sampai saat ini belum masuk konfirmasi balasan di email saya…mohon infonya

    • malam admin, mau tanya mengenai teman saya yang bernama La Ode Mz Sakti Qudratullah dengan email sakti456@gmail.com telah mengirimkan 7 foto nya dengan kategori umum pada saat kemarin malam sekitar jam 02.00 namun hingga saat ini belum masuk konfirmasi di emailnya..berhubung emailnya tersebut setelah di cek sedang mengalami gangguan, apakah boleh mengulangi mengirim foto dengan email baru atau tidak ??? dan satu lagi mau bertanya apakah fotonya tersebut sudah masuk di panitia ? mohon infonya…wasalam

  167. Sore min,

    Dari report yg dikirim ke email ternyata ada foto yang dobel tre-upload karena koneksi yang sempat terputus..

    mohon bantuannya untuk menghapus salah satu foto, data-nya sudah saya email ke alamat email admin.

    TQ sebelumnya

  168. mau tanya. saya mengupload tanpa meresize. namun foto tersebut di simpan dalam skala 6 dan berhasil terupload. apakah saya harus mengupload ulang atau bagaimana. mohon penjelasannya..

  169. La Ode Mz Sakti Qudratullah on

    Malam admin, mau konfirmasi bahwa saya telah mengirimkan 7 foto saya kemarin malam skitar jam 02.00 namun sampai saat ini blm ada konfirmasi di email saya…mohon infonya ? apa saya harus mengirimkan ulang lagi atau tidak…..

  170. sukri gazali on

    malam..mau nanya..saya kan kuliahnya di jogja..klw saya ambilnya kategori umum, fotox bisa di beberapa daerah yah…

  171. Malam admin, mau tanya berhubung teman saya yang beranama La Ode Mz Sakti Qudratullah (sakti456@gmail.com) telah mengirimkan fotonya sebanyak 7 foto kmarin malam skitar jam 02.00 namun kemungkinan emailnya ada masalah kerusakan dan sampai saat ini belum ada konfirmasi di emailnya. apa boleh teman saya tersebut membuat email baru dan mengirim ulang fotonya atau tidak..?? satu lagi mau tanya apakah fotonya sudah masuk apa belum ? mohon konfirmasinya admin..

  172. La Ode Mz Sakti Qudratullah on

    malam admin..saya telah mengirimkan tujuh buah foto kategori umum pada saat kemarin malam, namun sampai saat ini saya belum menerima konfirmasi di email saya..apa foto saya sudah masuk ke panitia ? Mohon infonya…

  173. sukri gazali on

    Min..mau nanya..apakah foto hitam putih hasil conversi dari foto warna dapat di ikut lombakan yah…

  174. halo selamat siang
    saya dari Papua
    saya mahasiswa UNCEN, berarti saya harus ambil kategori Mahasiswa, trus yang ingin saya tanyakan, apakah kartu mahasiswa bisa menjadi jaminan registrasi atau harus menggunakan KTP ???
    terima kasih

  175. Erwin Prawirodiharjo on

    Min, tolong hapusin semua foto dari saya dong, salah nge resize, ntar saya upload lg min, makasih

  176. Komang Suryana Adi Darma on

    mas admin saya mau tanya

    misal saya ikut 2 kategori gimana?
    misal saya ikut umum untuk daerah asal saya menggunakan no KTP dan saya ikut mahasiswa menggunakan no KTM saya

    bisakah begitu atau hanya bisa satu orang satu kategori?

    maaf jika pertanyaannya repost soalnya tadi saya baca-baca tidak ada yang menanyakan ini (atau mungkin saya ada miss baca komen di atas)

    Thx a lot min

  177. bang admin aya juga punya kasus yang sama seperti mas Joko S. Al Muchlis
    saya mendapat pemberitahuan lewat e-mail, bahwa foto saya berhasil di upload. Namun ternyata foto saya yang sama ter-upload dua kali, apakah mungkin untuk menghapus salah satu file foto saya yg sama itu?

    tolong ya bang admin.. terima kasih :)

  178. HERMAWAN CN - JAWA TIMUR on

    sy mau tanya apakah sya bisa upload foto 1 lagi (sekarang sudah 6 foto dan 1 gagal, jadi terdeteksi 7 foto) karena pada tgl 01-06-2013 jam 12:39:31 sy upload foto namun thumbnail fotonya tdk keluar karena sy lupa meng klik ‘choose file’, jadi untuk judul foto “pilih burung yang mana ya?” ada 2 foto dobel…
    apakah bisa foto yg dobel tersebut dihapus satu sehingga sy bisa upload 1 foto lagi untuk menggenaplan menjadi 7 foto…
    terimakasih bang admin..sukses untuk LOMBA FOTO INDONESIA 2013

  179. mat pagi admin sy sdh upload fotox tapi ukuranx melebihi 1 mb jadi mohon di hapus foto no 1 dan 3 trimakasih

  180. Salam FI saya sudah kirim fotox sebanyak 7 buah tapi yang dua fotox sama dan failx lebih dari 1 mb jadi masuk tapi tidak terbuka, saya mau tanya apa fotox bisa di hapus …foto no 1 dan 3

    • Salam FI saya sudah kirim fotox sebanyak 7 buah tapi yang dua fotox sama dan failx lebih dari 1 mb jadi masuk tapi tidak terbuka, saya mau tanya apa fotox bisa di hapus …foto no 1 dan 3 trimakasih Admin

      • Salam FI saya sudah kirim fotox sebanyak 7 buah tapi yang dua fotox sama dan failx lebih dari 1 mb jadi masuk tapi tidak terbuka, saya mau tanya apa fotox bisa di hapus …foto no 1 dan 3 ..email mexman68@yahooo.co.id trimakasih Admin…

  181. mau tanya mas. saya kirim 6 foto dengan alamat email sama. kelupaan 1 kirim alamaty email salah ketik. trrus terakhir saya kirim 1 lagh kok katanya sdh maksimal. apa bisa dibatalin 1 yg salah ketik email/ soalnya fotnya ada 2 sama beda email aja,tq ya

  182. admin, tadi saya salah memasukan data Kategori. seharusnya kategori mahasiswa, tp saya input menjadi pelajar. apakah bisa diganti ? foto saya no. 4 setelah diupload, terimakasih.

  183. nanya admiiiinnn

    penggunaana watermark diijinkan?!
    biala terdapat kesenian laen manggung di domisili kita gmn?!

    sun admin

  184. admin, tadi saya salah ngasi kategori pada foto waktu. yang seharusnya kategori mahasiswa tp saya input menjadi pelajar. apabisa diganti ? fotonya no. 4 setelah di upload, terimakasih.

  185. Nur Syamsiah Rosada on

    Mas, saya tadi double masukinnya , karena saya salah menulis Propinsi nya, yang semestinya Jawa Barat , jadi Banten. Tolong di verifikasi saja. Saya dari Wilayah Bandung. yang double: Judul Foto: The Art & Culture of Gedung Sate. Perlu jua diketahui, saya meng-upload 4 foto. Semuanya di daerah domisili saya, di Kota Bandung. Terima kasih atas perhatiannya

  186. Nur Syamsiah Rosada on

    Saya jadinya hanya mengirimkan hanya 2 foto, karena input yang 2 foto gagal, kelebihan kapasitas. Foto I :The Art & Culture of Gedung Sate dan foto II: Museum Geologi. Terima kasih, harap maklum

  187. Maaf mas,mau tanya neh..
    saya mengikuti kategori mahasiswa,tapi saya mencantumkan NO.KTP diformulir,apakah boleh atau tidak.terimakasih..

  188. 1.Mau tanya.foto pertama yg saya upload,salah kasi judul. apakah bisa di rubah ?
    2.Foto yg ke 3 salah kasi kategorinya
    3.Apakah itu harus di shere agar mendapatkan like dari teman2 ?
    trimakasih

  189. aldino motu mona on

    min,tadi pas saya upload foto saya salah input 2 kali.yang bener itu yang terakhir saya upload,tolong dihapus 2 foto yang sama sebelumnya karena 2 foto sebelumnya saya salah memasukkan domisili dan kategori. domisili saya di sumatera selatan dan kategori yang saya ikuti mahasiswa,terima kasih

  190. bagaimana cara menghapus salah satu dari 7 yg sudah terupload, saya periksa email ada 1 yg tdk ada fotonya, hanya data2 saja

    terima kasih admin

  191. ZAINUDDIN AHMAD on

    Yth ; Admin.
    Mohon dihapus 2 (dua) foto yg sdh sya krim tgl 10 Juni 2013 dgn judul “Sungaiku taman bermainku” dan “Mendayung Sampan”. karena saya ragu dengan cara menyimpan/save-nya. dan sdh saya ganti hari ini.
    Dan foto nomor 3 (“Menebar Jala”), saya salah memasukkan kategori. semestinya kategori umum bukan kategori pelajar. mohon dirubah.
    Tks.

  192. ZAINUDDIN AHMAD on

    Yth ; Admin.
    Mohon dihapus 2 (dua) foto yang saya kirim tanggal 10 Juni 2012, dgn judul “Mendayung Sampan” & ” Sungaiku taman bermainku”, karena saya ragu dengan cara menyimpan/save-nya. Dan sudah saya ganti 2 foto tsb hari ini.
    Dan mohon foto yg berjudul “Menebar Jala” kategorinya dirubah. Saya salah memasukkan kategori lomba. Seharusnya “umum” bukan “pelajar”.
    Tks.

  193. Muhammad Ikhsan on

    Selamat pagi Min, mau tanya, saya sudah upload foto (kategori pelajar) tapi saya bingung saat mengisi form No KTP/Kartu Pelajar, karena dikartu pelajar saya (SMP) tidak ada nomer tersebut.
    Terus saya mengisi dengan nomer NISN saya Min, bisa tidak Min?
    atau saya perlu mengirim scan dari kartu pelajar saya ? Mohon dijawab Min, terimakasih. Ikhsan (Maluku)

  194. aldino motu mona on

    min tolong dibantu hapus 2 foto saya dengan email motumonaa@yahoo.com , kemarin saya salah memasukkan kategori dan domisili,saya ikut kategori mahasiswa domisili di sumatera selatan.terima kasih sebelumnya

  195. mas admin, sy baru ingat, klw sy masukan kategori mahasiswa tapi sy masukkan nomor KTP, bukan kartu mahasiswa, gimana ya? sedangkan dateline sdh lewat.

  196. sangpemotret on

    lapor…. katalog Pameran Hasil Lomba Foto Indonesia 2012 beserta kaosnya telah tiba di tanganku. terima kasih….

  197. Barnabas Harriyanto on

    Hasil Kiriman Foto bisa lihat di website atau acara pameran foto dan silaturami bersama Presiden RI tanggal 18 Agustus 2013?

    terima kasih

  198. Min mau tanya tgl pengumumannya nominator kan tgl 29 Juli, tapi kenapa sampek sekarang belom ada pengumuman? Thx..

  199. Untuk nominasi finalis 30 besar lomba ini pengumumannya bisa diliaht dmn ya? katanya hari ini kan? 29 juli??

    Thanks

Leave A Reply